PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES NITNEO KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD INPRES NITNEO KABUPATEN KUPANG

XML

Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) merupakan Model pembelajaran ini merupakan suatu model pembelajaran kooperatif yang berisi tournamen akademik dengan melibatkan aktivitas seluruh siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku yang berbeda-beda ke dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
Rumusan Masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Inpres Nitneo?. Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Siswa Kelas V SD Inpres Nitneo.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Inpres Nitneo. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 37 orang, dengan rincian 19 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I ketuntasan Hasil Belajar siswa adalah 32,43% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Selisih Persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 59,57%. Hal ini menunjukan bahwa hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan di mana ≥85% siswa mendapatkan nilai ≥70. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Nitneo.


Detail Information

Item Type
Penulis
IMELDA AGUSCIANI MISSA - Personal Name
Student ID
1601140088
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MIS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA