Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Kelas IV SDN Sikumana 2

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Kelas IV SDN Sikumana 2

XML

Masalah yang diambil dalam penellitian ini yaitu “ Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Kelas IV SDN Sikumana 2 ”. Dengan rumusan masalah : Bagaimana Penggunaan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosisntesis Kelas IV SDN Sikumana 2?
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi fotosintesis di kelas IV SDN Sikumana 2. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa proses pembelajaran didominasi oleh guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data mencakup observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, ditandai dengan kenaikan rata-rata nilai dari 53,32 pada siklus I menjadi 81,05 pada siklus
II. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 35% menjadi 85%.
Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem bsed learning (PBL) efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fotosintesis. Model ini mendorong siswa untuk aktif, berpikir kritis, serta bekerja sama dalam kelompok. Temuan ini merekomendasikan agar pembelajaran berbasis masalah diintegrasikan dalam mata pelajaran IPAS di sekolah dasar, disertai pelatihan guru secara berkala untuk mendukung implementasi pembelajaran yang inovatif dan kontekstual.

Kata Kunci : Problem Based Learning; Fotosintesis;Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2101140081
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MEO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA