Skripsi
Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Kelas IV SDN Sikumana 2
XMLMasalah yang diambil dalam penellitian ini yaitu “ Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Kelas IV SDN Sikumana 2 ”. Dengan rumusan masalah : Bagaimana Penggunaan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosisntesis Kelas IV SDN Sikumana 2?
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi fotosintesis di kelas IV SDN Sikumana 2. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa proses pembelajaran didominasi oleh guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data mencakup observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, ditandai dengan kenaikan rata-rata nilai dari 53,32 pada siklus I menjadi 81,05 pada siklus
II. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 35% menjadi 85%.
Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem bsed learning (PBL) efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fotosintesis. Model ini mendorong siswa untuk aktif, berpikir kritis, serta bekerja sama dalam kelompok. Temuan ini merekomendasikan agar pembelajaran berbasis masalah diintegrasikan dalam mata pelajaran IPAS di sekolah dasar, disertai pelatihan guru secara berkala untuk mendukung implementasi pembelajaran yang inovatif dan kontekstual.
Kata Kunci : Problem Based Learning; Fotosintesis;Hasil Belajar
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
Maria Jesica Karolina Meo - Personal Name
|
| Student ID |
2101140081
|
| Dosen Pembimbing |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
| Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil |
862.06 MEO P
|
| Copyright |
Individu Penulis
|
| Doi |







