Persepsi Tentang Pendidikan Formal Anak Pada Orangtua Di Desa Dedekadu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Tentang Pendidikan Formal Anak Pada Orangtua Di Desa Dedekadu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat

XML

Yulita Deselina Ita Lero, (2021), Program Studi Bimbingan Konseling Undana, Skripsi judul “Persepsi Tentang Pendidikan Formal Anak Pada Orangtua Di Desa Dedekadu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat” Dr. Uda Geradus sebagai Pembimbing I dan Dr. M. D. Pua Upa, MS sebagai Pembimbing II. Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Persepsi orangtua pada pentingnya pendidikan formal anak?; 2) Manfaat pendidikan formal anak bagi orangtua di desa Dedekadu?; 3) Hambatan mengikuti pendidikan bagi orangtua di Desa Dedekadu. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mengetahui persepsi orangtua di Desa Dedekadu tentang pentingnya pendidikan formal anak; 2) Mengetahui apa manfaat pendidikan formal anak menurut orangtua di Desa Dedekadu; 3) Mengetahui apa hambatan mengikuti pendidikan bagi orangtua di Desa Dedekadu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dekriptif, informan penelitian ini adalah orangtua dan kepala Desa di Desa Dedekadu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display/penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada awalnya di Desa Dedekadu terkenal dengan kebudayaan marapu yang mana kebiasaan dan nilai-nilai positif sudah melekat pada masyarakat setempat. Dengan perubahan zaman pendidikan formal di Desa Dedekadu semakin ada peningkatan dan perubahan karena orangtua paham akan penting dan manfaatnya pendidikan formal bagi kehidupan anak. Pendidikan formal dapat membentuk karakter, menambah wawasan, menghasilkan generasi muda yang berintelektual dan berguna bagi bangsa dan negara. Sehingga orangtua menerima, merespon dengan baik adanya pendidikan formal di Desa Dedekadu, hal ini mendorong keinginan mereka untuk menyekolahkan anak-anak, dilihat dari tindakan dan semangat yang dilakukan oleh orangtua dari anak-anak tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata pendidikan di Desa Dedekadu adalah sekolah dasar (SD). Akan tetapi sudah mengalami perubahan dan peningkatan dalam dunia pendidikan formal karena kebanyakan anak-anak sudah melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bagi anak-anak yang mengenyam pendidikan formal untuk melupakan budaya dan tradisi Sumba tapi tetap menjaga, melestarikan dan menerapkan nilai-nilai budaya atau kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Saran bagi masyarakat setempat dan pemerintah agar tetap menjaga dan menanamkan nilai-nilai budaya pada anak-anak di jaman modern seperti ini. Kata Kunci: Persepsi, Orangtua, Pendidikan Formal


Detail Information

Item Type
Penulis
Yulita Desilina Ita Lero - Personal Name
Student ID
1601160015
Dosen Pembimbing
Uda Geradus - 195812311986031021 - Dosen Pembimbing 1
MUHAMAD DAE PUA UPA - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Uda Geradus - 195812311986031021 - Ketua Penguji
Muhamad Dae Pua Upa - 196101131986011001 - Penguji 1
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling, FKIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Ler P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA