Kontrol Optimal dalam Model Penyebaran Malaria: Intervensi Fumigasi, Vaksinasi, dan Kelambu (Studi Kasus: Kabupaten Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Kontrol Optimal dalam Model Penyebaran Malaria: Intervensi Fumigasi, Vaksinasi, dan Kelambu (Studi Kasus: Kabupaten Kupang)

XML

Malaria adalah salah satu penyakit menular berbahaya yang disebabkan oleh parasit Plasmodium, yang dapat ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi. Jika tidak diobati, malaria mungkin akan kambuh setelah beberapa bulan kemudian. Di kabupaten Kupang, setiap tahunnya terdapat minimal satu kasus malaria dari data tiap puskesmas yang ada di kabupaten Kupang. Beberapa upaya yang dilaksanakan rupanya belum memberi dampak besar pada kasus malaria yang ada tiap tahunnya, sehingga perlu menyertakan kontrol optimal dengan harapan dapat mengurangi penularan kasus malaria yang selalu ada tiap tahunnya walaupun dengan sumber daya yang terbatas. Dalam penelitian ini, model matematika diformulasi dan dianalisis untuk mengetahui pengaruh kontrol fumigasi, vaksinasi, dan kelambu dalam upaya mengurangi penyakit malaria. Pendekatan secara analitik dilakukan dengan mencari penyelesaian kontrol optimal dengan menggunakan Prinsip Minimum Pontryagin. Sedangkan solusi model matematika dengan kontrol dilakukan secara numerik menggunakan MATLAB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 30 bulan penggunaan kelambu dan vaksinasi berdampak pada jumlah penurunan individu yang terinfeksi malaria. Selain itu, untuk mengurangi nyamuk yang terinfeksi digunakan intervensi dengan fumigasi secara terus menerus sampai batas waktu yang ditentukan walaupun nyamuk yang terinfeksi sudah habis agar menjaga kemungkinan munculnya populasi nyamuk terinfeksi lagi.

Kata kunci: Malaria, Kelambu, Vaksinasi, Fumigasi, Kontrol Optimal, MATLAB.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1706040017
Dosen Pembimbing
ARIYANTO - 197505102003121002 - Dosen Pembimbing 1
Meksia - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Rapmaida Megawaty Pangaribuan - 197202242000604200 - Ketua Penguji
Ariyanto - 197505102003121002 - Ketua Penguji
Meksia - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01 Pig K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA