Skripsi
Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kupang Tengah
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Mendeskripsikan keharmonisan keluarga siswa kelas VIII di SMPN 1 Kupang Tengah. (2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Kupang Tengah. (3) Mendeskripsikan pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi siswa kelas VIII di SMPN 1 Kupang Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Lokasi penelitian di SMPN 1 Kupang Tengah ± 1 bulan. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kupang Tengah, yang berjumlah 330 siswa yang berjumlah 11 kelas. pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Propotional Stratifed Random Sampling yaitu 75 siswa. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini meliputi : (1) Gambaran keharmonisan keluarga siswa kelas VIII SMPN 1 di Kupang Tengah, 25 siswa (32,5%) berada pada kategori sangat harmonis, 44 siswa (58,8%) berada pada kategori harmonis, 5 siswa (6,3%) berada pada kategori menengah, 1 siswa (2,4%) berada pada kategori kurang harmonis dan 0 siswa (0%) berada pada kategori sangat tidak harmonis. (2) Gambaran motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 di Kupang Tengah, 16 siswa (21, 3%) berada pada kategori sangat kuat, 35 siswa (46,7%) berada pada kategori kuat, 11 siswa (14,7%) berada pada kategori menengah, 11 siswa (17,3%) berada pada kategori lemah dan 0 siswa (0%) berada pada kategori sangat lemah. (3) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap mtivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Kupang Tengah, menunjukan nilai F hitung 0,240 > F table 0,227 pada taraf signifikan 0,05 = 0,227 dengan sumbangsih dari keharmonisan keluarga adalah sebesar 23,5% sedangkan 76,5% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
.
Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Motivasi Belajar Keharmonsian keluarga yang tinggi pada siswa berkaitan dengan tingginya motivasi belajar dan menjadikan siswa mampu meningkatkan kualitas belajar yang optimal
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Fransiska Adriyanti Hayon - Personal Name
|
Student ID |
1601160041
|
Dosen Pembimbing |
MUHAMAD DAE PUA UPA - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
Uda Geradus - 195812311986031021 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Muhamad Dae Pua Upa - 196101131986011001 - Ketua Penguji
Uda Geradus - 195812311986031021 - Penguji 1 Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Bimbingan dan Konseling
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.01 Hay P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |