Skripsi
Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino
XMLABSTRAK
Skripsi oleh ASRIRIN WAHYUNI NIM : 1601140004 (2020) berjudul “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil belajar”. Rumusan Masalah yang diangkat adalah apakah ada Pengaruh yang Positif dan Signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar? Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh yang Positif dan Signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar. Metode penelitiannya adalah Deskriptif Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik Angket dan Studi Dokumentasi. Jumlah responden 41 orang teridiri dari; laki-laki 27 orang dan perempuan 14 orang, dengan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis berganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linearitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kuanino Kupang, Kecamatan Kota Raja, dengan hasi penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh namun tidak signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino dibuktikan dengan nilai rx1y (0,084), rhitung lebih kecil dari rtabel (0,084 < 0,0444) dan r2x1y (0,007), thitung lebih kecil dari ttabel (0,524 < 2,0195). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino, sehingga hipotesis pertama ditolak; 2) terdapat pengaruh namun tidak signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kuanino dibuktikandengan nilai rx2y (0,146), rhitunglebih kecil dari rtabel (0,146 < 0,444) dan r2x2y (0,021), thitung lebih kecil dari ttabel (0,920 < 2,0195). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino,sehingga hipotesis kedua ditolak; 3) terdapat pengaruhnamun tidak signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino dibuktikandengan nilai rx2y (0,155), r2x2y (0,024) dan Fhitung (0,468) < Ftabel (3,24).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat di simpulkan bahwa Pengaruh Perhatian Orang Tua (X1) dan Motivasi Berprestasi (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino (Y) dibuktikandengan nilai Fhitung (0,468)
Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Asririn Wahyuni - Personal Name
|
Student ID |
1601140004
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Why P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |