Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino

XML

ABSTRAK

Skripsi oleh ASRIRIN WAHYUNI NIM : 1601140004 (2020) berjudul “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil belajar”. Rumusan Masalah yang diangkat adalah apakah ada Pengaruh yang Positif dan Signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar? Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh yang Positif dan Signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar. Metode penelitiannya adalah Deskriptif Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik Angket dan Studi Dokumentasi. Jumlah responden 41 orang teridiri dari; laki-laki 27 orang dan perempuan 14 orang, dengan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis berganda. Sebelum analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linearitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kuanino Kupang, Kecamatan Kota Raja, dengan hasi penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh namun tidak signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino dibuktikan dengan nilai rx1y (0,084), rhitung lebih kecil dari rtabel (0,084 < 0,0444) dan r2x1y (0,007), thitung lebih kecil dari ttabel (0,524 < 2,0195). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino, sehingga hipotesis pertama ditolak; 2) terdapat pengaruh namun tidak signifikan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kuanino dibuktikandengan nilai rx2y (0,146), rhitunglebih kecil dari rtabel (0,146 < 0,444) dan r2x2y (0,021), thitung lebih kecil dari ttabel (0,920 < 2,0195). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino,sehingga hipotesis kedua ditolak; 3) terdapat pengaruhnamun tidak signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino dibuktikandengan nilai rx2y (0,155), r2x2y (0,024) dan Fhitung (0,468) < Ftabel (3,24).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka dapat di simpulkan bahwa Pengaruh Perhatian Orang Tua (X1) dan Motivasi Berprestasi (X2) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kuanino (Y) dibuktikandengan nilai Fhitung (0,468) 0,050) hal ini berarti pengaruh kedua variabel secara bersama sama signifikan. Dari hasil yang diperoleh ini maka dapat dikatakan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) : diterima sedangkan Hipotesis 0 (H0) : ditolak yang menyatakan ada pengaruh dan signifikan.
Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Asririn Wahyuni - Personal Name
Student ID
1601140004
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Why P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA