Skripsi
Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem Kelas V Di Sd Gmit Oeltua
XMLPenelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bentuk desain penelitian Quasi Experimental Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIT Oeltua yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data:Tes. Instrumen penelitian tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan modelProblem Bassed Learningterhadap Hasil Belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model Problem Bassed Learning 89,54 lebih tinggi daripada persentasi nilai siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 73.54. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 16.0 dilakukan dengan uji t atau student t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikasi 0,000 (atau < 0,05). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Problem Bassed Learning.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ALICE ACNESIA LADO - Personal Name
|
Student ID |
1601140225
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 LAD P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |