Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem Kelas V Di Sd Gmit Oeltua

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem Kelas V Di Sd Gmit Oeltua

XML

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bentuk desain penelitian Quasi Experimental Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIT Oeltua yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data:Tes. Instrumen penelitian tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan modelProblem Bassed Learningterhadap Hasil Belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model Problem Bassed Learning 89,54 lebih tinggi daripada persentasi nilai siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 73.54. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 16.0 dilakukan dengan uji t atau student t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikasi 0,000 (atau < 0,05). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Model Problem Bassed Learning.


Detail Information

Item Type
Penulis
ALICE ACNESIA LADO - Personal Name
Student ID
1601140225
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA