Peran Layanan Bimbingan Sosial Guru Terhadap Kenakalan Siswa Saat Mengikuti Pembelajaran Di Kelas Iii Sd Negeri Naikoten 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Layanan Bimbingan Sosial Guru Terhadap Kenakalan Siswa Saat Mengikuti Pembelajaran Di Kelas Iii Sd Negeri Naikoten 2 Kota Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Bagaimana Peran Layanan Bimbingan Sosial Guru terhadap Kenakalan siswa saat mengikuti pembelajaran di kelas III SD Negeri Naikoten 2 Kota Kupang. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskripsi Kualitatif dengan jumlah respondenyang diteliti 5 orang , terdiri dari 2 orang permpuan dan 3 orang laki-laki. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu teknik observasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi hasil penelitian.
Penelitian ini diadakan di SD Negeri Naikoten 2 Kota Kupang, Khususnya di Kelas III. Hasil penelitian menunjukan bahwa kenakalan siswa yang dilakukan di dalam kelas sangat mengganggu keefektifan proses belajar mengajar dan hal itu yang melatarbelakangi diadakannya bimbingan sosial. Dengan harapan setelah diadakan bimbingan sosial ini siswa dapat mengurangi kenakalan yang dapat mengganggu proses belajar mengajar di dalam kelas dan lebih tertib lagi di dalam kelas. Sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Kontribusi Layanan Bimbingan Sosial yang dilakukan oleh guru wali kelas terhadap kenakalan siswa saat mengikuti pembelajaran adalah sangat membantu siswa dalam mengurangi kenakalan yang terjadi di dalam kelas selama proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini akan mempermudah proses belajar mengajar sehingga di harapkan kedepannya tidak ada lagi masalah kenakalan saat mengikuti pelajaran di kelas III SD Negeri Naikoten 2 Kota Kupang.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Sosial guru dapat mengurangi kenakalan siswa saat mengikuti pembelajaran di kelas III SD Negeri Naikoten 2 Kota Kupang.

Kata Kunci : Peran, Bimbingan Sosial, Kenakalan


Detail Information

Item Type
Penulis
Lisyana Novalia Talaan - Personal Name
Student ID
1601140185
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA