Evaluasi Implementasi Strategi Peningkatan Gerakan Nasional Non Tunai: Studi Kasus pada Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Nusa Tenggara Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Evaluasi Implementasi Strategi Peningkatan Gerakan Nasional Non Tunai: Studi Kasus pada Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Nusa Tenggara Timur

XML

Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) merupakan program Bank Indonesia untuk mendukung keberlanjutan sistem pembayaran non tunai. GNNT merupakan perwujudan dari cita-cita Bank Indonesia menciptakan cashless society. Bank Indonesia mencanangkan GNNT dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai sehingga terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan evaluasi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur dalam meningkatkan Gerakan Nasional Non Tunai di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara dan observasi non partisipan. Informan penelitian ini terdiri dari Manajer Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Timur, merchant QRIS, dan pengguna dompet digital.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Nusa Tenggara Timur dalam meningkatkan program Gerakan Nasional Non Tunai dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Program langsung seperti semarak QRIS, talkshow, dan edukasi. Sedangkan program tidak langsung yaitu video, iklan radio, flyer dan berbagai perlombaan seputar pembayaran non tunai. Bank Indonesia KPW NTT melakukan evaluasi internal yang berpola terus-menerus (on going evaluation) dan evaluasi akhir (expost evaluation). Fungsi evaluasi yang dilakukan Bank Indonesia KPW NTT meliputi fungsi formatif dan fungsi sumatif. Bank Indonesia melakukan evaluasi dengan berbagai kelembagaan mitra di Provinsi Nusa Tenggara Timur seperti pemerintah daerah, perbankan, Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), dan Otoritas Jasa Keuangan.

Kata kunci: GNNT, strategi, evaluasi internal, evaluasi eksternal


Detail Information

Item Type
Penulis
Joanna Audina Saduk - Personal Name
Student ID
1710010088
Dosen Pembimbing
MARSELINA RATU - 197903262008122004 - Dosen Pembimbing 1
NOVI THERESIA KIAK - 198511012019032006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marselina Ratu - 197903262008122004 - Ketua Penguji
Novi Theresia Kiak - 198511012019032006 - Penguji 1
Fransina W Ballo - 198005032006042002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
60201
Edisi
Published
Departement
Ekonomi Pembangunan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
602.01 Sad E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA