Pengaruh Aplikasi Biochar dan Mikoriza dalam Meningkatkan Ketahanan Tanaman terhadap Cekaman Kekeringan, Tampilan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Aplikasi Biochar dan Mikoriza dalam Meningkatkan Ketahanan Tanaman terhadap Cekaman Kekeringan, Tampilan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt)

XML

ABSTRAK
“PENGARUH APLIKASI BIOCHAR DAN MIKORIZA DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN TANAMAN TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN, TAMPILAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt)”
Oleh:
Syukur Selamat Gea
Di bawah bimbingan :
Ir. Lily F. Ishaq, M.Phil., Ph.D dan Dr. Ir. A. S. J. Adu Tae, MP
Pada minat manajemen sumberdaya lahan (MSL), Program studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana Kupang
Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) tergolong wilayah semi ringkai dengan bulan hujan yang singkat. Selain itu, kesuburan tanah umumnya tergolong rendah sehingga memerlukan upaya pengelolaan lahan yang optimal. Salah satu langkah strategis yang bisa ditempuh adalah melalui pemanfaatan biochar dan mikoriza (fungi mikriza arbsukula). Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelurahan Liliba Kecamatan Oebobo Kota Kupang NTT dan Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana dari bulan Agustus 2020 sampai Agustus 2021 Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui kemampuan biochar yang dikombinasikan dengan mikoriza dalam meningkatkan ketahanan tanaman jagung terhadap cekaman kekeringan, tampilan dan hasil tanaman jagung. Penelitian ini dirancang menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 12 perlakuan dan 3 ulangan yaitu Biochar + FMA + interval pemberian air 1 hari, Biochar + FMA + interval pemberian air 2 hari, Biochar + FMA + interval pemberian air 3 hari, Biochar + FMA - interval pemberian air 1 hari, Biochar + FMA interval pemberian air 2 hari, B + F – A3 Biochar + FMA - interval pemberian air 3 hari, Tanpa Biochar - FMA + Interval pemberian air 1 hari, Tanpa Biochar - FMA + Interval pemberian air 2 hari, Tanpa Biochar - FMA + Interval pemberian air 3 hari, Tanpa Biochar - FMA - Interval pemberian air 1 hari, Tanpa Biochar - FMA - Interval pemberian air 2 hari, dan Tanpa Biochar - FMA - Interval pemberian air 3 hari. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji Duncan pada taraf 5%. Variabel yang diamati adalah kadar air tanah, C-organik, N total, P tersedia, K tertukar, tinggi tanaman, jumlah daun, berat tongkol tanpa kelobot, dan berat tongkol dengan kelobot. Hasil penelitian menunjukkan, aplikasi biochar dan mikoriza dengan penyiraman setiap hari memberikan pertumbuhan dan hasil tanaman terbaik serta memberikan pengaruh yang nyata terhadap variabel pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, dan berat tongkol tanpa kelobot.

Kata kunci: biochar, mikoriza, cekaman air, dan jagung manis


Detail Information

Item Type
Penulis
SYUKUR SELAMAT GEA - Personal Name
Student ID
1704060019
Dosen Pembimbing
LYLI F. ISHAQ - 196710101993032003 - Dosen Pembimbing 1
ANTHONIUS S J ADUTAE - 19621125198803100 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lily Fauziah Ishaq - 196710101993032003 - Ketua Penguji
Diana J L Serangmo - 197607102000032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54211
Edisi
Published
Departement
AGROTEKNOLOGI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.11 Abang S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA