Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Energi Melalui Model Inquiry Learning Di Kelas Iv Sd Negeri Poepleu Kabupaten Timur Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Energi Melalui Model Inquiry Learning Di Kelas Iv Sd Negeri Poepleu Kabupaten Timur Tengah Selatan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber energi menggunakan model pembelajaran inquiry learning.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV berjumlah 19 orang, dengan rincian 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 69,89 meningkat menjadi 82,89 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 13,00. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 47,36% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 52,64%. Aktivitas siswa pada siklus I 59,02 menjadi 88,42 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 29,40, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inquiry learning dalam pembelajaran tentang sumber energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri poepleu.


Detail Information

Item Type
Penulis
JENI HENDERINA NUBATONIS - Personal Name
Student ID
1701140017
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NUB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA