Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Energi Melalui Model Inquiry Learning Di Kelas Iv Sd Negeri Poepleu Kabupaten Timur Tengah Selatan
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber energi menggunakan model pembelajaran inquiry learning.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV berjumlah 19 orang, dengan rincian 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 69,89 meningkat menjadi 82,89 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 13,00. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 47,36% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 52,64%. Aktivitas siswa pada siklus I 59,02 menjadi 88,42 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 29,40, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inquiry learning dalam pembelajaran tentang sumber energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri poepleu.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
JENI HENDERINA NUBATONIS - Personal Name
|
Student ID |
1701140017
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 NUB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |