Hubungan Proses Pembelajaran dan Kelayakan Sarana Bengkel terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 5 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Proses Pembelajaran dan Kelayakan Sarana Bengkel terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 5 Kupang

XML

Untuk mendapatkan prestasi belajar yang memuaskan dan baik tentunya ditentukkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah proses pembelajaran yang dilakukan dan kelayakan sarana dan prasana yang terdapat didalam bengkel praktik sehingga para siswa berusaha untuk mendapatkan hasil serta prestasi belajar dan memuaskan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimana hubungan proses pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 5 Kupang ?
2. Bagaimana hubungan kelayakan sarana dan prasarana dengan prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 5 Kupang ?
3. Bagaimana hubungan proses pembelajaran dan kelayakan sarana prasarana dengan prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 5 Kupang?
Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Kota Kupang. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa Kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 5 Kota Kupang yang bejumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan simultan serta analisis regresi sederhana dan berganda.Hasil Analisis korelasi parsial variabel proses pembelajaran (X1) dan kelayakan sarana bengkel (X2) memiliki hubungan yang cukup kuat dengan variabel prestasi belajar siswa (Y), serta hasil analisi korelasi simultan variabel proses pembelajaran (X1) dan kelayakan sarana bengkel (X2) memiliki hubungan yang kuat dengan variabel prestasi belajar (Y). Hasil analisis Regresi sederhana menunjukan variabel poses pembelajaran (X1) berpengaruh sebesar 31% terhadap prestasi belajar siswa, Kelayakan sarana bengkel (X2) berpengaruh sebesar 29.8 % terhadap prestasi belajar siswa, dan hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa variabel proses pembelajaran (X1) dan variabel kelayakan sarana bengkel (X2) berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y) sebesar 43.1 %. Nilai tersebut menunjukkan adanya pengaruh proses pembelajaran dan kelayakan sarana bengkel terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Pengelasan di SMK Negeri 5 Kota Kupang.

Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Sarana Bengkel, Prestasi Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Djuninto Sima Langsibo - Personal Name
Student ID
1401120015
Dosen Pembimbing
FAHRIZAL - 196908081994031003 - Dosen Pembimbing 1
PRIYONO - 196111171994031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fahrizal - 196908081994031003 - Ketua Penguji
Priyono - 196111171994031002 - Penguji 1
Sealtial Mau - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.03 D H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA