Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Smtk Benfomeni Kapan

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Smtk Benfomeni Kapan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa SMTK Benfomeni Kapan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 28 siswa kelas XI SMTK Benfomeni Kapan. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar Siswa. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I mendapat jumlah skor rata-rata 22 dengan kriteria kurang baik dan pada siklus II mendapat jumlah skor rata-rata 45 dengan kriteria sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata 52,5 dengan kriteria baik dan pada siklsus II memperoleh jumlah skor rata-rata 80 dengan kriteria sangat baik, (3) hasil belajar siswa berupa sejarah pada akhir siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,35 dan ketuntasan belajar klasikal 80%, pada akhir siklus II mendapat nilai rata-rata 84,15 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 92,85%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa sejarah pada siswa kelas XI SMTK Benfomeni Kapan. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya membiasakan menerapkan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran sejarah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

KATA KUNCI: Pembelajaran sejarah, Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw.


Detail Information

Item Type
Penulis
ESYANTRI NATTI - Personal Name
Student ID
1701090117
Dosen Pembimbing
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 NAT U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA