Analisis Dampak Pernikahan Dini Terhadap Aspek Pendidikan Dan Aspek Ekonomi (Studi Kasus Di Kelurahan Airnona, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Dampak Pernikahan Dini Terhadap Aspek Pendidikan Dan Aspek Ekonomi (Studi Kasus Di Kelurahan Airnona, Kota Kupang)

XML

Penelitian ini Bagaimanakah dampak pernikahan dini dari faktor pendidikan terhadap pasangan dan orangtua pasangan dan bagaimana dampak pernikahan dini dari faktor ekonomi terhadap pasangan dan orangtua pasangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kegiatan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. informan penelitian ada 6 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dampak faktor pendidikan sangat diperhatikan dalam keluarga karena pada keluarga pendidikan merupakan faktor penting dalam rumah tangga terutama dalam penyelesaian masalah, pengambilan keputusan dan mendidik anak menjadi lebih baik. Pada pasangan dini di Kelurahan Airnona dilihat bahwa kurangnya aktif dalam musyawarah keluarga sehingga penyelesaian masalah yang dilakukan dengan tindakan daripada duduk bersama yang membuat kurangnya pembicaraan antara pasangan. Pada saat membaca keadaan dalam rumah tangga beberapa pasangan masih harus belajar untuk beradaptasi dengan kedua keluarga besar pasangan, hal ini mempengaruhi bagaimana dengan pola asuh mendidik anak yang beragam pada anak.Dampak faktor ekonomi terhadap menikah muda sangat berpengaruh dimana factor ekonomi membuat pasangan harus bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan pengaturan keuanganyang harus bisa direncanakan dengan baik selain itu pada pasangan muda di Kelurahan Airnona dilihat bahwa keuangan ekonomi mempunyai dampak besar terhadap keluarga, dalam halnya dengan pengelolaan usaha dalam keuangan keluarga yang dilakukan oleh pasangan agar pasangan bisa menfkahi keluarga nya sediri tanpa harus bergantung pada orang tua, dalam hal ini pengaturan keuangan keluarga yang belum bisa di rancang dengan baik dan adanya pengeluaran yang bertambah dan akhirnya melakukan pinjaman untuk bisa menutupi kekurangan keuangan keluarga. Kata Kunci : Pernikahan Dini, aspek ekonomi, dan aspek pendidikan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601170014
Dosen Pembimbing
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 1
NIRWANING MAKLEAT - 198511032018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Mon A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA