PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SIKLUS HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD GMIT KUANINO 2

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SIKLUS HIDUP HEWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD GMIT KUANINO 2

XML

Penelitian ini dilakukan oleh Silfana Diksi Buifena (NIM 2101140109) dengan judul "Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Tentang Siklus Hidup Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD GMIT Kuanino 2".Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD GMIT Kuanino 2 pada mata pelajaran IPAS, khususnya materi metamorfosis, melalui penerapan model Problem-based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa, di mana hanya 40% dari 15 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keaktifan, pemahaman, dan hasil belajar siswa secara signifikan. Aktivitas guru menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan kelas dan penggunaan media pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat, terlihat dari keterlibatan mereka dalam membaca, menyusun gambar, serta berdiskusi memecahkan masalah. Dari hasil tes, ketuntasan belajar meningkat dari 40% pada pretest siklus I menjadi 86,6% pada posttest siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media audio visual efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan bermakna, serta mampu membangkitkan minat belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Keberhasilan ini didukung oleh peran aktif guru dalam memotivasi siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Kata Kunci : Problem-based Learning, media audio visual, hasil belajar, IPAS, metamorfosis


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Silfana Diksi Buifena - Personal Name
Student ID
2101140109
Dosen Pembimbing
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hartoyo Yudhawardana, S.Si., M.Si - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bui P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA