Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPAS INDONESIAKU KAYA HAYATINYA DI KELAS V SD NEGERI OEBOBO 1 KOTA KUPANG
XMLBagaimana penggunaan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPAS indonesiku kaya hayatinya di kelas V SD Negeri Oebobo 1 Kota Kupang? Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi indonesiku kaya hayatinya melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video kelas V SD Negeri Oebobo 1 Kota Kupang. Jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas V yang jumlah keseluruhannya 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan teknik tes, data yang telah dikumpul, diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri Oebobo 1 Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas 25orang (74%), tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, tidak bermain saat pembelajaran berlangsung, bekerjasama dalam kelompok, aktif dalam diskusi kelompok, melaporkan hasil diskusi, dapat menyelesaikan LKPD dengan baik, dan menyelesaikan soal tes dengan benar. Guru mampu membimbing siswa mengerjakan LKPD dengan baik, guru dapat mengelola diskusi kelompok dengan baik, guru mampu mengelola waktu secara efektif. Sedangkan yang tidak tuntas 9 orang (26,47%), tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru, suka bermain, suka menganggu teman, asyik dengan dirinya sendiri, tidak mau bekerja sama dalam kelompok, tidak mampu menyelesaikan LKPD dengan baik, dan belum mengerjakan soal tes dengan benar. Sedangkan guru belum mampu mengelola waktu secara efektif, guru belum tegas dalam mengatur kelas, guru belum membimbingsiswa mengerjakan LKPD dengan baik. Selanjutnya siklus II dari 34 orang, dinyatakantuntas berjumlah 32 orang (94%), tuntas karena siswa tidak asyik sendiri, saling bekerjasama dalam kelompok, melaporkan hasil kerja sama di depan kelas dan sudah bisamengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem BasedLearing. Sedangkan guru sudah mampu memberikan instruksi LKPD lebih jelas,membagi peran di kelompok, guru juga memanfaatkan media pembelajaran denganoptimal, membimbing diskusi serta mampu mengalokasikan waktu secara efektif. Siswamemiliki rasa percaya diri untuk mengungkapkan pendapat dan mengajukan pertanyaantentang materi yang belum dipahami, serta mampu menyelesaikan soal evaluasi dengantepat. Sebanyak 2 orang (5,88%), belum tuntas karena mereka cenderung fokus pada dirisendiri dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Siswa yang belum tuntas akandiberikan pengayaan oleh guru kelas. Sementara itu, keterampilan guru dalammenerapkan model Problem Based Learning dengan bantuan media video masih perluditingkatkan.Berdasarkann hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Indonesiaku Kaya Hayatinya di Kelas V SD Negeri Oebobo 1 Kota Kupang.
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
DELPHY MARTNI SELAN - Personal Name
|
| Student ID |
2101140138
|
| Dosen Pembimbing |
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Kurniayu T. R. A. Ratu - 199206212022032008 - Dosen Pembimbing 2 |
| Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Kurniayu T. R. A. Ratu - 199206212022032008 - Penguji 2 |
| Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2025 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil |
862.06 Sel P
|
| Copyright |
Individu Penulis
|
| Doi |







