Kualitas Interaksi Sosial Keluarga Pengguna Media Sosial ( Studi Kasus Pada Perubahan Interaksi Sosial Anggota Keluarga Pengguna Media Sosial Di Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba,Kabupaten Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Kualitas Interaksi Sosial Keluarga Pengguna Media Sosial ( Studi Kasus Pada Perubahan Interaksi Sosial Anggota Keluarga Pengguna Media Sosial Di Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba,Kabupaten Manggarai Timur)

XML

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Kualitas Interaksi Sosial Keluarga Pengguna Media Sosial. (Studi Kasus Pada Perubahan Interaksi Sosial Anggota Keluarga Pengguna Media Sosial Di Kelurahan Rongga Koe, Kecamatan Kota Komba,Kabupaten Manggarai Timur). Masalah ini adalah bagaimana kualitas interaksi sosial anggota keluarga dalam pengguna media sosial. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisisperkembangan dan perubahan kualitas interaksi sosial anggota keluarga pengguna media sosial sebelum dan sesudah mengenal media sosial di dalamnya termasuk interaksi yang terjadi di dalamnya termasuk interaksi para anggota keluarga dengan sesama anggota keluarga, dan dengan lingkungan sosial disekitarnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan studi kasus pada informan di lapangan yang menghasilkan data secara deskriptif yakni gambaran tentang kualitas interaksi sosial keluarga pengguna media sosial terhadap pengalaman perubahan kualitas berinteraksi para anggota keluarga. Penentuan informan secara purposive sampling yaitu atas dasar penelitian bahwa para informan yang mengetahui secara baik permasalahan yang diteliti, dengan informan yang dipilih berjumlah 18orang. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dengan informan serta studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam pisau analisis yaitu teori determinasi teknologi dan teori interaksionalisme simbolik. Hasil penelitian ini menunjukan rendahnyakualitas interaksi sosial keluarga pengguna media sosial ini secara tidak langsung telah membentuk perubahan interaksi keluarga dalam berinteraksi antara sesama anggota keluarga disekitarnya seperti kurangnya komunikasi secara langsung, kurangnya pergaulan, jarangnyamelakukanaktifitas keluarga seperti biasa danlain-lain. Hal ini terjadi karena kualitas interaksi sosial anggota keluarga di kelurahan Rongga koe rendah, karena masyarakat lebih suka berinteraksi menggunakan media sosial. Interaksi menggunakan media sosial ini menyebabkan kualitas interaksi menjadi buruk atau rendah karena interaksi yang dilakukan tidak memenuhi 5 indikator suatu interaksi dinyatakan berkualitas, indikator tersebut adalah : keterbukaan atau openness, empati, dukungan, rasa positif, dan kesamaan. Diharapkan para anggota keluarga di Kelurahan Rongga Koe yang mengakses media sosial tanpa batas waktu dan bisa dapat menggunakan media tersebut dalam hal yang positif dan mampu menciptakan kecerdasan kepada anggota keluarga dalam menanggulangi timbulnya perubahan kualitas interaksi yang menyimpang. peranorang tua untuk lebih aktif memperhatikan serta mendidik anggota keluarganya menjadi hal yang sangat penting. Mengingat dampak teknologi informasi yang menghadirkan berbagai fenomena baru dan perubahan sosial, maka keluarga menjadi landasan penting dalam mengawasi kehidupan sosial anggota keluarga, agar tidak berpengaruh terhadap kualitas interaksi mereka dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya.


Detail Information

Item Type
Penulis
HENDRIANUS SALE - Personal Name
Student ID
1703030062
Dosen Pembimbing
YERMIA DJEFRI MANAFE - 197003032005011001 - Dosen Pembimbing 1
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Ketua Penguji
Drs. Yosep E. Jelahut, M.Si - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Sal K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA