Resistensi Pedagang Terhadap Kebijakan Relokasi Pasar Oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (Studi Di Pasar Rada Mata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya)

Detail Cantuman

Skripsi

Resistensi Pedagang Terhadap Kebijakan Relokasi Pasar Oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (Studi Di Pasar Rada Mata Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya)

XML

Tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui mengapa terjadi resistensi yang dilakukan oleh pedagang terhadap kebijakan relokasi Pasar Rada Mata oleh Pemeritah Kabupaten Sumba Barat Daya. 2). Untuk Mengetahui dan menganalisa factor-faktor apa saja yang menyebabkan resistensi pedagang Pasar Rada Mata Terhadap Kebijakan Relokasi Pasar Oleh Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori resistensi yang dikemukakan oleh James Scott yang terbagi atas dua yaitu resistensi tertutup dan resistensi terbuka. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang pedagang dan 3 Pegawai Pasar Rada Mata. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada 3 faktor yang menyebabkan resistensi pedagang terhadap kebijakan relokasi pasar yaitu, sepihnya pengunjung, fasilitas kurang mendukung dan harga sewa ruko dan lapak yang tinngi. Ada 2 bentuk resistensi pedagang Pasar Rada Mata terhadap kebujakan relokasi pasar yaitu, resistensi tertutup tetap bertahan berjualan di pasar lama Rada Mata dan dan resistensi terbuka melawan terhadap petugas pasar saat di tertibkan. kesimpulan dalam penelitian ini adalah kebijakan pemerintah untuk merelokasi Pasar Rada Mata ke lokasi pasar yang baru yaitu Pasar Weepangali tidak berjalan dengan baik karena kurangnya sosialisasi yang baik dari pihak Pemerintah Sumba Barat Daya. Lokasi pasar baru kurang strategis. Fasilitas yang kurang memadai. Saran. Untuk pihak pengambil kebijakan, dalam hal ini Pemkab Sumba Barat Daya dalam mengambil kebijakan harus mengutamakan kepentingan pedagang dalam hal ini lokasi pasar yang baru harus atrategi, harus ditunjang dengan fasilitas yang cukup dan memberikan kompensi kepada pedagang Pasar Rada Mata. Bagi masyarakat umum khususnya masyarakat Sumba Barat Daya hendaknya saling mendukung dalam menanggapi kebijakan dengan cara berkunjung di pasar baru sehinnga pasar menjadi ramai.


Detail Information

Item Type
Penulis
ANTONIUS ARIANTO BORA - Personal Name
Student ID
1634030044
Dosen Pembimbing
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Hildigardis M.I. Nahak-19790501 200604 2 001 - - Ketua Penguji
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA