Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Dan Moral Bagi Anak Usia 7-9 Tahun (Di Desa Ubedolumolo Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Dan Moral Bagi Anak Usia 7-9 Tahun (Di Desa Ubedolumolo Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada)

XML

Orang tua adalah pendidik pertama dalam membentuk kepribadian seorang anak dalam keluarga.Orang tua adalah ayah dan ibu seorang anak melalui hubungan biologis maupun hubungan sosial.Agama adalah ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan yang Mahakuasa serta kaidah yang berhubungan dengan mausia dengan lingkungannya. Moral menyangkut kebaikan, orang yang berperilakku baik ialah tingkahlakunya sesuai dengan norma dan ajaran agama, begitupun sebaliknya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama dan Moral Bagi Anak Usia 7-9 Tahun di Desa Ubedolumolo dan hambatan yang di hadapi orang tua dalam pendidikan agama dan moral bagi anak serta upaya-upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisisi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama dan moral bagi anak usia 7-9 tahun dan hambtan yang di lakukan orang tua terhadap anak usia 7-9 tahun serta menganalisis upaya-upaya yang di lakukanoleh orang tua di Desa Ubedolumolo. Dalam teori Peran Robert Linton menjelaskan seseorang yang mempunyai peranan tentunya orang tua dan lain sebagainya,diharapkan agar seseorang berperilaku sesuai peran tersebut. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendeksprisikan dan menganalisis fenomena, peristiwa,aktivitas sosial sikap dan persepsi pemikiran dengan informan penelitian berjumlah 20 orang terdiri dari orang tua Ayah dan Ibu berjumlah 13 orang dan anak usia 7-9 tahun berjumlah 7 orang, pengumpulan data dillakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: a) Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama dan Moal Bagi Anak Usia 7-9 Tahun di Desa Ubedolumolo yakni: 1. Orang tua menjadi guru utama dalamPendidikan agama yakni: mengajarkan anak untuk membaca Kitab Suci,memberikan teladan bagi anak, mengajarkan anak untuk taat beribadah. 2. Pendidikan moral seperti: Menghormati orang tua dan sesama, mengajarkan kebiasanbaik.b) Hambatan-hambatan yang dihadapi orang tua yakni: Kurangnya pemahaman dan pengetahuan orang tua tentang pendidikan agama, Sikap anak yang keras kepala, Kurangnya pengawasan orang tua.Upaya yang dilakukan orang tua di Desa Ubedolumolo untuk mengatasi hambatan diatas yaitu1.Orang tua terus belajar mendalami perannya sebagai orang tua berpedoman dalam ajaran agama (pedoman Alkitab),2. Orang tua tidak bolehbosan untuk menasehati anak ,3. Mengikutsertakan anak dalam kegiatan kerohanian,4.Mengontrol tumbuh kembang anak.a.Saran bagi orang tua, harus dapat menunjukan sikap kasih sayang, sikap pengertian dalam mendidik anak dan mengatasi masalah tanpa sikap kekuasaan dan penguasaan. b. Bagi anak, harus lebih menaati perintah orang tua agar terhindar dari perilaku yang bertentangan dengan ajaran agama dan moral.


Detail Information

Item Type
Penulis
VERIDIANA MOI - Personal Name
Student ID
1623030031
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Herman Y. Utang - 196602212006041001 - Penguji 1
Susana C.L. Pellu - 197110222005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA