Skripsi
Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Tentang Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDK Koanara
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV yang signifikan melalui penggunaan media gambar dalam pembelajaran tentang jenis-jenis pekerjaan di SDK Koanara.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV berjumlah 25 orang dengan rincian 11 laki-laki dan 14 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil tes menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan dari Siklus I ke Siklus II, dimana presentase ketuntasan meningkat sebesar 20%. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pada siklus I dengan presentase hasil belajar siswa mencapai 80% dengan 20 orang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 5 orang belum mencapai KKM, kemudian pada siklus II presentase hasil belajar mencapai 100% dengan 25 orang atau seluruh siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa dikatakan tuntas apabila nilai yang diperoleh telah mencapai KKM sebesar 70. Selain itu, terjadi peningkatan rata-rata nilai tes kompetensi siswa sebesar 14,8. Hal ini berdasarkan hasil tes siklus I dengan nilai rata-rata 73,8, kemudian pada siklus II nilai rata-rata mencapai 88,6. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media gambar dalam pembelajaran tentang jenis-jenis pekerjaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Koanara.
Kata kunci: media gambar, jenis-jenis pekerjaan, hasil belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Maria Hendrika Ruthnaomi - Personal Name
|
Student ID |
1701140074
|
Dosen Pembimbing |
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Rut P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |