Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dalam Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Di Kecamatan Kodi Balaghar Kabupaten Sumba Barat Daya

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dalam Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Di Kecamatan Kodi Balaghar Kabupaten Sumba Barat Daya

XML

Kekerasan terhadap anak harus ditangani secara komprehensif dan optimal oleh seluruh pemerintah, mulai dari pemerintah pusat sampai daerah. Pemerintah Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak harus terus berupaya meningkatkan kinerja dalam memberikan perlindungan terhadap anak dengan merumuskan strategi perlindungan anak melalui upaya-upaya pemberian perlindungan terhadap anak yang mengalami kekerasan. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kecamatan Kodi Balghar Desa Tana Mete dalam penanganan kasus kekerasan terhadap anak dan faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kecamatan Kodi Balaghar dalam penanganan kasus kekerasan terhadap anak?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Pengumpulan data dan studi lapangan. Pengolahan data meliputi wawancara, dokumentasi dan redukasi data. Analisis data dilakukan secara pendekatan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan:Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kecamatan Kodi Balaghar , Kabupaten Sumba Barat Daya dalam penanganan kasus kekerasan terhadap anak terdiri atas peran di bidang pencegahan, penanganan dan Rehabilitasi. Pencegahan dilakukan dengan sosialisasi dan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait. Pelaksanaan penanganan dengan pendampingan dan bantuan hukum kepada korban dan pelayanan kesehatan. Pemulihan dilakukan dengan kegiatan reintegrasi anak yang menjadi korban kekerasan kepada lingkungannya. Faktor-faktor penghambat peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kecamatan Kodi Balaghar dalam penanganan kasus kekerasan terhadap anak adalah masyarakat yang menganggap kekerasan sebagai cara mendidik anak sebab meskipun Dinas PPPA Sumba Barat Daya Kecamatan Kodi Balghar telah melaksanakan penanganan kasus kekerasan terhadap anak, tapi pada kenyataannya kasus kekerasan terhadap anak masih terjadi Selain itu masih adanya orang tua/keluarga yang tidak melapor apabila anaknya menjadi korban kekerasan karena masih adanya anggapan bahwa kekerasan pada anak sering kali dianggap sebagai persoalan internal keluarga dan karenanya tidak layak atau tabu atau aib untuk diekspose keluar secara terbuka.
Saran dalam penelitian ini adalah: masyarakat agar lebih meningkatkan kepedulian tehadap lingkungannya sehingga apabila diketahui terdapat anak yang menjadi korban kekerasan. Kecamatan Kodi Balaghar Kebupaten Sumba Barat Daya dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak agar memperkuat kelembagaan perlindungan terpadu berbasis masyarakat sampai ketingkat desa / kelurahan.


Kata Kunci: Peran, Perlindungan, Kekerasan terhadap Anak


Detail Information

Item Type
Penulis
YOHANA KAKA CAMO - Personal Name
Student ID
1734010008
Dosen Pembimbing
Penguji
David B W Pandie - 196112121986011002 - Ketua Penguji
Umbu Tay W Pariangu - 197812202006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA