Penerapan Disiplin Kerja dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pegawai di Kantor Cabang Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Malaka

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Disiplin Kerja dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pegawai di Kantor Cabang Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Malaka

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan disiplin kerja dan peningkatan prestasi kerja pegawai, serta mendeskripsikan ada tidaknya hubungan penerapan disiplin kerja dalam meningkatkan prestasi kerja pegawai di Kantor BPJS Kabupaten Malaka. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriprif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan disiplin kerja pegawai dilakukan dengan cara memberikan contoh baik dari pimpinan terhadap pegawai bawahannya, masih jauh dari apa yang di harapkan dilihat dari dimensi pengukuran disiplin kerja yang dijabarkan oleh Veithzal Rivai (2005:444) yaitu 1) Kehadiran, 2) Ketaatan pada peraturan kerja, 3) Bekerja etis. Dilihat dari segi kehadiran dalam hal ketepatan waktu hadir pegawai, pemanfaatan jam istirahat pegawai dan jumlah absensi kehadiran pegawai dalam sebulan sangat minim di hitung dari persentase kehadiran berdasarkan jumlah hari kerja pegawai. Sedangkan dilihat dari ketaatan pegawai pada peraturan kerja dalam hal sikap taat pegawai pada peraturan kerja, sikap taat pegawai pada prosedur kerja dan sikap pegawai dalam menerima hukuman / sanksi jika melanggar aturan kerja yaitu para pegawai selalu taat pada peraturan yang telah ditetapkan dari kantor dengan memberlakukan sanksi bagi pegawai yang melanggar aturan dalam bentuk denda berdasarkan persentase yang telah di tentukan. Sedangkan dilihat dari etos kerja pegawai dalam hal sikap taat pada etika, sikap etis dalam hubungan dengan sesama rekan kerja, dan sikap menghargai keberadaan pimpinan di kantor yaitu terjalin dengan baik. Namun terdapat beberapa persoalan dilihat dari kualitas kerja yang dihasilkan melalui output yakni bentuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yaitu keterbatasan jumlah petugas BPJS Kabupaten Malaka sangat minim. Saran yang di angkat dalam hasil penelitian ini adalah agar pihak BPJS Kabupaten Malaka lebih memperhatikan kuantitas atau jumlah pegawai yang masih sangat minim.Minimnya kuantitas pegawai mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan sehingga berpengaruh juga terhadap prestasi kerja dari minimnya pegawai Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Malaka.

Kata Kunci: Penerapan, Disiplin Kerja, Prestasi Kerja,Badan Penyelenggara Jaminan Sosial


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Florida Teti - Personal Name
Student ID
1603010114
Dosen Pembimbing
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS TAE - 197004152000031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Markus Tae - 197004152000031003 - Penguji 1
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Tet P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA