Skripsi
Kualitas Pelayanan Kesehatan di Ruang Perawatan Flamboyan A Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang
XMLPenelitian ini berjudul Kualitas Pelayanan Kesehatan di Ruang Perawatan Flamboyan A Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Latar belakang dalam penelitian ini adalah pelayanan dokter dan bidan mengenai kecepatan pelayanan, keramah-tamahan, kesopanan, serta kebersihan di ruang Flamboyan A yang masih kurang baik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Service Quality (SERVQUAL) dari Parasuraman, Zeithaml, dan Berry. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dalam menentukan informan penulis menggunakan teknik purposive sampling, dan informan yang diwawancarai berjumlah sebelas orang yang terdiri dari lima pasien, empat keluarga pasien dan dua orang bidan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kehandalan (Reliability), tingkat kemampuan dokter dan bidan dalam memberikan pelayanan di ruang Flamboyan A dilakukan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. 2) Ketanggapan (Responsiveness), sikap tanggap dokter dan bidan dalam menjalani pelayanan di ruang Flamboyan A masih lambat. 3) Jaminan (Assurance), kemampuan dokter dan bidan untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan pasien melalui kompetensi yang dimiliki sudah diimplikasikan cukup baik, namun sikap bidan dipandang masih kurang baik. Karena, masih terdapat bidan yang tidak sopan, cerewet, dan kasar. 4) Bukti Fisik (Tangibles), sarana dan prasarana di ruang Flamboyan A cukup memadai, ruangannya bersih dan rapi, tetapi kamar mandinya kurang bersih. 5) Perhatian (Empathy), dokter dan bidan yang melayani di ruang Flamboyan A memberikan perhatian yang cukup baik bagi pasien dan juga keluarga pasien melalui hubungan komunikasi yang sering dilakukan antara dokter, bidan, pasien dan keluarga pasien. Berdasarkan hasil penelitian penulis merumuskan saran sebagai berikut: 1) Kepada petugas kesehatan khususnya dokter dan bidan di ruang perawatan Flamboyan A, diharapkan untuk menjaga sikap saat memberikan pelayanan serta ketanggapan dokter dan bidan lebih ditingkatkan lagi demi kenyamanan dan kepuasaan pasien. 2) Kepada petugas kebersihan diharapkan untuk lebih memperhatikan kebersihan kamar mandi di ruang perawatan Flamboyan A sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. 3) Kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang diharapkan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga dapat bersaing dengan rumah sakit lainnya di Kota Kupang. 4) Kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang untuk menjaga kebersihan, baik di ruang perawatan maupun kamar mandi.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Arci Tri Megi Tahun - Personal Name
|
Student ID |
1503030066
|
Dosen Pembimbing |
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Ketua Penguji
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 Tah K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |