Peningkatan Hasil Belajar Tentang Sistem Pernapasan Manusia Melalui Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual (SAVI) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Belle 2 Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Tentang Sistem Pernapasan Manusia Melalui Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual (SAVI) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Belle 2 Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa akan membuat siswa lebih cepat memahami materi. Maka masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia melalui model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellektual di Kelas V SD Negeri Belle 2 Kabupaten Timor Tengah Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penggunaan lembar observasi untuk mencatat aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dan tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Somatic Auditori Visual Intellektual terbukti mengalami peningkatan hasil belajar siswa. keaktifan siswa pada siklus I yaitu 70,34% dengan kategori baik mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 85,22% dengan kategori sangat baik. Begitu juga tes hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dengan perolehan hasil ketuntasan klasikal 60% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II dengan nilai ketuntasan klasikal 90% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian maka sudah menjawab indikator keberhasilan yang ditentukan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Somatic Auditori Visual Intellektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sistem pernapasan manusia kelas V SD Negeri Belle 2 Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Somatic Auditori Visual Intellektual (SAVI), Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Lili Margireni Nomnafa - Personal Name
Student ID
1601140097
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nom P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA