Pemertahanan Budaya Reba Di Tengah Turbulensi Perubahan Sosial (Studi Kasus di Desa Turamuri Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada)

Detail Cantuman

Skripsi

Pemertahanan Budaya Reba Di Tengah Turbulensi Perubahan Sosial (Studi Kasus di Desa Turamuri Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada)

XML

ABSTRAK


Penelitian ini ditulis dengan judul pemertahanan budaya reba di tengah turbulensi perubahan sosial. Kebudayaan lokal merupakan hasil cipta manusia yang digunakan untuk mengatur jalannya kehidupan masyarakat agar tidak terjadi kekacauan di antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan seterusnya. Di era globalisasi dan perkembangan iptek yang semakin maju dari tahun ke tahun dapat melahirkan kebudayaan baru yang berpotensi menggusur/menghilangkan kebudayaan lokal yang ada. Akan tetapi dalam masyarakat walaupun sudah mengikuti perkembangan iptek, mereka masih senantiasa melaksanakan upacara reba. Dalam penelitian ini penulis mengemukakan masalah di antaranya bagaimana cara masyarakat mempertahankan budaya reba dan mengapa masyarakat tetap mempertahankan budaya reba . Tujuan yang ingin dicapai dalam tulisan ini ialah untuk mengetahui strategi masyarakat dalam mempertahankan budaya reba di tengah gejolak perubahan sosial dan mengetahui alasan di balik tindakan mempertahakan budaya reba oleh masyarakat. Dalam penulisan ini penulis melakukan wawancara dengan delapan informan yang diambil penulis sebagai sumber data penelitian yang terdiri dari satu tokoh adat, satu aparat Desa Turamuri, empat tokoh masyarakat dan dua tokoh pemuda. Teknik penentuan informan ini dilakukan dengan cara dipilih dengan sengaja yang dianggap mengetahui persoalan yang akan penulis teliti. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain ialah masyarakat melakukan adaptasi teknologi khususnya teknologi informasi seperti telpon genggam, masyarakat membangun solidaritas sosial, memaksimalkan peran dan fungsi keluarga, serta campur tangan atau intervensi pemerintah. Alasan dibalik tindakan masyarakat tetap melaksanakan upacara reba di tengah perubahan sosial dikarenakan upacara reba merupakan salah satu ritual adat yang ada dalam kehidupan masyarakat Ngada yang telah diwariskan leluhur kepada kita dan telah menjadi identitas masyarakat dan mempunyai nilai kesakralan yang tinggi. Dari penelitian di atas disarankan agar orang tua dan tua-tua adat yang berada di kampung agar harus selalu memberikan pengetahuan, sosialisasi tentang pentingnya upacara reba kepada semua lapisan masyarakat. untuk anak-anak milenial diharapkan bisa selalu mencintai budaya sendiri dengan selalu mengikuti wejangan yang disampaikan oleh para orang tua dan tua-tua adat.


Detail Information

Item Type
Penulis
FERIANUS NANGA - Personal Name
Student ID
1723030008
Dosen Pembimbing
IMANTA I PERANGINANGIN - 197408142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Ketua Penguji
Imanta I. Perangin Angin - - Penguji 1
Hotlif A. Nope - 19771124 200501 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 NAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA