Skripsi
Strategi Guru PPKn Dalam Pembelajaran Dengan Sistem Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Negeri Moru Kecamatan Alor Barat Daya
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi guru PPKn
dalam pembelajaran dengan sistem belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi covid 19 di
SMP Negeri Moru Kecamatan alor barat daya? (2) bagaimana efektifitas strategi guru PPKn
dalam pembelajaran dengan sistem belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi covid 19 di
SMP Negeri Moru Kecamatan alor barat daya?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi guru PPKn dalam
pembelajaran dengan sistem belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemic covid 19 di SMP
Negeri Moru Kec. Alor Barat Daya (2) mendeskripsikan efektifitas strategi guru PPKn dalam
pembelajaran dengan sistem belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemic covid 19 di SMP
Negeri Moru Kec. Alor Barat Daya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber
yang digunakan dikumpulkan baik dari data primer dan data sekunder yang telah diperoleh
dari lapangan akan dijelaskan secara mendalam untuk menghasilkan kesimpulan dari masalah
yang diamati. Penelitian menggunakan teknik wawancara dan dokumntasi. Sumber data
dalam penelitian ini adalah informan yang ditentukan secara purposive sampling (sampel
tujuan).
Hasil penelitian mengenai strategi guru PPKn dalam pembelajaran dengan sistem
belajar dari rumah (BDR) pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri Moru dapat
dijelaskan sebagai berikut : fakta yang peneliti temukan dilapangan membuktikan bahwa ada
pun strategi guru PPKn dalam pembelajaran dengan sistem belajar dari rumah (BDR) pada
masa pandemi covid 19 di SMP Negeri Moru yaitu 1) Strategi pembelajaran yang digunakan
oleh sekolah SMP Negeri Moru pada masa pandemi covid 19 adalah menggunakan strategi
pembelajaran secara offline atau luar jaringan (Luring), 2) Guru PPKn menyiapkan bahan
ajar dan lembar kerja peserta didik (LKPD) sebagai media pembelajaran dirumah, 3) Peserta
didik kesekolah mengambil bahan ajar dan LKPD yang telah disiapkan guru, 4) Guru
melakukan pemantauan dan bimbingan belajar secara bergulir pada peserta didik dengan
mematuhi protokol kesehatan. 5) Lembar kerja peserta didik dikumpulkan kembali pada
waktu yang ditentukan guru untuk diperiksa. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran dari
rumah tidak berjalan secara efektif karena sebagian besar orangtua/peserta didik tidak
memiliki fasilitas pendukung seperti Wifi,Labtop,Hp android dan banyak peserta didik yang
tidak menggunakan waktu belajar secara maksimal.
Kata Kunci : Strategi, efektifitas,belajar dari rumah.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
YANE AGODY MALAIBE - Personal Name
|
Student ID |
1701070069
|
Dosen Pembimbing |
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Anif Istianah - 198812112019032013 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1 Anif Istianah - 198812112019032013 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Mal S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |