Dampak Menambang Batu Kapur Alam Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Penambang (Studi Kasus Pada Masyarakat Penambang Batu Kapur Alam Di Desa Kanelu Kecamatan Wewewa Tengah Kabupaten Sumba Barat Daya)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Menambang Batu Kapur Alam Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Penambang (Studi Kasus Pada Masyarakat Penambang Batu Kapur Alam Di Desa Kanelu Kecamatan Wewewa Tengah Kabupaten Sumba Barat Daya)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak menambang batu kapur alam terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat penambang di desa kanelu kecamatan wewewa tengah kabupaten sumba barat daya. Teori yang di pakai adalah teori perubahan sosial yang di kemukakan oleh wiryohandoyo. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa adanya dampak menambang batu kapur alam terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat penambang di desa kanelu kecamatan wewewa tengah kabupaten sumba barat daya. Dampak yang di peroleh di bagi menjadi 2 yaitu: dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif berupa meningkatnya pendapatan masyarakat penambang, terciptanya lapangan pekerjaan dan terpenuhinya ekonomi keluarga. Sedangkan dampak negatifnya terdiri dari menurunya kesehatan masyarakat penambang, kerusakan alam, dan kecelakaan saat bekerja. Kesimpulan dari Dampak menambang batu kapur alam terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat penambang terdiri dari 2 yaitu: dampak positif dan dampak negative. Dampak positif yang di rasakan yaitu meningkatnya pendapatan masyarakat, terbukanya lapangan pekerjaan, dan terpenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.sedangkan dampak negatifnya yaitu menurunya kesehatan masyarakat penambang, kerusakan alam, dan kecekaan dalam pekerjaan. Masyarakat penambang di desa kanelu adalah sosok pekerja keras. Hal tersebut di tunjukan dari semangat yang tinggi dari pada penambang yang amati oleh peneliti di lokasi penambang. Saran kepada masyarakat penambang agar berusaha untuk bias membagi waktun sehingga sebagian waktu dapat di gunakan untuk beristirahat guna untuk menjaga kesehatan. kepada kaum mudah terutama anak-anak dari masyarakat penambang agar membiasakan diri untuk membantu orang tua agar pekerjaan yang berat bias terasa ringan.kepada pemerintah setempat di harapkan untuk memperhatikan kehidupan masyarakat penambang serta secara bersama menjaga kesejatraan masyarakat setempat.


Detail Information

Item Type
Penulis
FRANS PIRA - Personal Name
Student ID
1734030028
Dosen Pembimbing
Penguji
Drs.Aris Lambe,M.Si - 196205021990031001 - Ketua Penguji
Hildigardis M.I.Nahak S.Sos. M.Si - 19790501200642001 - Penguji 1
Dr. Hotlif A. Nope, MA - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Pir D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA