Efektivitas Penggunaan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Minggu (Studi Kasus Pada UPPMJ PAR GMIT Maranatha Oebufu)

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Penggunaan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Minggu (Studi Kasus Pada UPPMJ PAR GMIT Maranatha Oebufu)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran sekolah minggu melalui youtube, alasan penggunaan youtube, serta hambatan yang dihadapi UPPMJ PAR . Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan jenis penelitian kualitatif dan metode studi kasus, mengacu pada Craswell (2011) serta menggunakan teori new media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran sekolah minggu online melalui youtube masih belum efektif, karena dalam penerapannya anak-anak sekolah minggu tidak memahami isi materi atau cerita firman Tuhan dengan baik. Meskipun dalam pemilihan media yakni youtube sudah tepat di masa covid19 dan untuk mengurangi kerumunan dan penyebaran virus. 2). Alasan UPPMJ PAR GMIT Maranatha Oebufu lebih memilih menggunakan media online youtube dalam proses pembelajaran sekolah minggu, karena: a) Tuntutan. Pengajar dituntut untuk tetap melaksanakan sekolah minggu dimasa pandemi covid19. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengurangi kerumunan atau tatap muka secara langsung dengan anak-anak. b) Mudah dijangkau. Dengan menggunakan youtube memudahkan pengajar dalam menjangkau anak sekolah minggu untuk mengikuti sekolah minggu online. c) Proses Pembuatan. Dalam proses pembuatan video pembelajaran sekolah minggu lebih terstrukur, karena melalui proses perekaman dan editing. Dibandingkan dengan live streaming pada media online lainnya. 3). Hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran sekolah minggu online melalui youtube, ialah: a) Jaringan atau Koneksi Internet Buruk. b) Masalah Teknis. UPPMJ PAR kekurangan tenaga terkait proses perekaman, editing, alat pendukung serta perlengkapan lainnya untuk proses pembuatan video sekolah minggu. c) Kesiapan Pengajar. Saat proses perekaman video sekolah minggu, sering terjadi kesalahan pengajar menyanyikan dan memperagakan gerakan dari lagu tersebut.
Kata Kunci: Youtube, Media Pembelajaran, New Media, Sekolah Minggu


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1703050092
Dosen Pembimbing
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mas'amah - 197906172008012020 - Ketua Penguji
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Penguji 1
Monika Wutun - 198301112014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Det E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA