Peran Ganda Orang Tua Tunggal Dalam Pemenuhan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Perempuan Petani Di Desa Watu Wangka Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat )

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Ganda Orang Tua Tunggal Dalam Pemenuhan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Perempuan Petani Di Desa Watu Wangka Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat )

XML

Tujuan penelitian mengetahui dan menganalisis peran ganda orang tua tunggal dalam pemenuhan ekonomi keluarga pada perempuan petani di Desa Watu Wangka Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat. Teori yang di gunakan dalam Penelitian ini Teori Gender,Teori Struktural Fungsional, dan Teori Kebutuhan. Pendekatan penelitian jenis penelitian ini kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu observasi yang menginterpretasikan suatu masalah penelitian berdasarkan data deskriptif atau deskriptif naratif melalui kata-kata yang dapat di wawancarai intensif,observasi mendalam, dan studi dokumen. Lokasi penelitian di Desa Watu Wangka Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat. Informan dalam penelitian ini 9 orang tua tunggal. Teknik pengambilan informan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat purposive sampling teknik sampling bertujuan mampu menjawab arahan dari peneliti karena dengan menggunakan penelitian kualitatif peneliti mampu mencari tahu lebih dalam apa yang diketahui informan. Temuan hasil penelitianini orang tua tunggal yang ada di Desa Watu Wangka Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat menjalankan dua peran sekaligus dalam pemenuhan ekonomi keluarga yaitu peran domestik seperti mengurus rumah tangga dan peran publik seperti mencari nafkah usaha yang dilakukan yaitu kerja sistem harian dan usaha mengayam tikar. Yang seharusnya dalam keluarga adanya pembagian kerja tetapi kenyataan di desa watu wangka ibu bekerja sendiri untuk keluarga. Faktor utama menjadi orang tua tunggal karena kematian pasangan sehingga ibu bekerja sendiri untuk keluarga. Orang tua tunggal di Desa Watu Wangka pekerjaan pokok petani.Orang tua tanggal bisa menjalankan kedua peran dengan baik dan bisa membagi waktu saat berada di ranah domestik dan publik. Saran dalam penelitian ini yang pertama,sebagai orang tua tunggal harus memaknai semua peran yang dijalani.Kedua, sebagai orang tua tunggal harus memiliki strategi dalam mengurus anak tanpa kehadiran sosok Ayah. Ketiga, diharapkan bagi pemerintah setempat agar lebih memperhatikan secara khusus bagi mereka yang kurang mampu terlebih khusus orang tua tunggal yang ada di Desa Watu Wangka


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Ermilinda Kontesa - Personal Name
Student ID
1703030015
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Penguji 1
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Kon P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA