Pola Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus di Panti Asuhan Susteran Alma Atambua

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus di Panti Asuhan Susteran Alma Atambua

XML

Judul penelitian ini adalah “Pola Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus Di Panti Asuhan Susteran ALMA Atambua”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pembinaan anak bekebutuhan khusus yang diterapkan di dalam Panti Asuhan Susteran ALMA Atambua dan faktor penghambat dalam proses pembinaan anak berkebutuhan khusus di Panti Asuhan Susteran ALMA Atambua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola pembinaan anak berkebutuhan khusus di Panti Asuhan Susteran ALMA Atambua dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat dalam pembinaan anak berkebutuhan khusus di Panti Asuhan Susteran ALMA Atambua. Peneliti menggunakan teori Pola Asuh. penelitian ini menggunakanmetode penelitian kualitatifdalam menganalisis data yang diperoleh dari lapangan. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampel atau sampel bertujuan. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder dengan informan sebanyak 6 orang yang semuanya adalah pengurus panti asuhan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan anak berkebutuhan khusus terdiri dari pembinaan karakter, pembinaan pengetahuan, dan pembinaan katerampilan, dengan menerapkan pola pembinaan demokratis semi otoriter. Sedangkan faktor penghambat pola pembinaan anak berkebutuhan khusus terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari kesehatan anak asuh, dan keadaan suasana perasaan anak asuh. Sedangkan faktor ekternal terdiri dari keterbatasan tenaga asuh, keterbatasan dana, dan kekurangan fasilitas. Saran bagi pihak panti asuhan, anak-anak perlu diberdayakan lagi serta keterampilan-keterampilan yang diberikan kepada anak asuh perlu ditamah lagi, agar anak asuh lebih banyak memiliki keterampilan yang nantinya dapat dijadikan bekal bagi kehdupan mereka nantinya, serta dapat meningkatkan kemandirian dalam diri anak asuh, dan bagi pemerintah diharapkan lebih memperhatikan nasib anak-anak berkebutuhan khusus terlebih anak terlantar dan kurang mampu serta memgambil kebijakan guna meningkatkan pendidikan, kesejahteraan anak-anak yang hidup didalam panti asuh.


Detail Information

Item Type
Penulis
Bernadete Cristal Klau - Personal Name
Student ID
1503030029
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Kla P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA