Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Mengembangkan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa Ondorea Barat Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Mengembangkan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa Ondorea Barat Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran badan usaha milik desa (BUMDes) dalam mengembangkan usaha ekonomi masyarakat Desa Ondorea Barat Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende dan untuk mengetahui aspek yang mendukung dan menghambat badan usaha milik desa (BUMDes) dalam mengembangkan usaha ekonomi masyarakat Desa Ondorea Barat Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Informan berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teori yang digunakan dalam penelitian mengenai peran badan usaha milik desa (BUMDes) dalam mengembangkan usaha ekonomi masyarakat Desa Ondorea Barat Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende adalah teori Biddle dan Thomas ( 1966 ).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran Badan Usaha Milik Desa Ana Ondo dalam mengembangkan Usaha ekonomi masyarakat belum maksimal dikarenakan pada awal berjalannya Badan Usaha Milik Desa dengan menjalankan dua unit usaha yaitu usaha simpan pinjam dan usaha jasa sewa dari lima unit usaha berdasarkan Peraturan Desa Ondorea Barat Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Desa Ana Ondo. Usaha simpan pinjam berjalan dari tahun 2017 dan pada tahun 2020 usaha tidak berjalan diakibatkan pengembalian pinjaman dari anggota yang mandek dan pengurus yang belum maksimal dalam mengelola usaha tersebut. Tetapi dari anggota yang melakukan pinjaman untuk membuk usaha, sampai sekarang ada yang usaha berjalan dengan baik berdasarkan kebutuhan dan potensi. Sedangkan usaha jasa sewa sampai sekarang masih berjalan dengan disewakan kursi dan molen kepada masyarakat, dengan adanya penyewaan sangat membantu dan memudahkan masyarakat. Peran Badan Usaha Milik Desa Ana Ondo belum sepenuhnya memaksimalkan potensi dari Desa Ondorea Barat dalam mengembangkan usaha ekonomi masyarakat. Berdasarkan observasi peneliti banyak sekali potensi yang dimiliki Desa Ondorea Barat, tetapi Badan Usaha Milik Desa tidak melihat peluang tersebut. Dengan memaksimalkan potensi Desa Badan Usaha Milik Desa harus membuat perencanaan dalam mengembangkan perekonomian berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada.
Kata Kunci : Peran, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pengembangan Usaha Ekonomi


Detail Information

Item Type
Penulis
CHRISTA JESICA I KUNCE - Personal Name
Student ID
1703010129
Dosen Pembimbing
MELKISEDEK N B C NEOLAKA - 196205191989011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Kun P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA