Saya Bermain Game Online Maka Saya Malas (Studi Tentang Perilaku Malas Remaja Di Kelurahan Sikumana RT 25 RW 10)

Detail Cantuman

Skripsi

Saya Bermain Game Online Maka Saya Malas (Studi Tentang Perilaku Malas Remaja Di Kelurahan Sikumana RT 25 RW 10)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis implikasi kecanduan game online free fire dalam pembentukan perilaku malas pada remaja laki-laki di Kelurahan Sikumana RT 25 RW 10 dimana, perilaku tersebut mampu mempengaruhi berbagai aspek kehidupan remaja. Teori yang digunakan untuk mengkaji penelitian ini menggunakan teori dari Lemmens, Valkenburg and Peter memberikan beberapa aspek-aspek untuk mendeskripsikan adiksi atau kecanduan game online yang dialami oleh seseorang yaitu Salience, Tolerance, Mood Modification, Relapse, Withdrawal, dan Conflict. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik Penentuan Informan dalam penelitian ini akan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpul kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan game online free fire mampu membentuk perilaku malas pada remaja. Perilaku malas yang ditunjukkan oleh remaja laki-laki di Kelurahan Sikumana RT 25 RW 10 adalah malas belajar, malas mengerjakan tugas sekolah, malas bersosialisasi, berinteraksi, malas melakukan pekerjaan rumah dan malas bergaul dengan orang-orang di sekitarnya serta malas memperhatikan kesehatannya. Hal ini terjadi karena game online free fire menghadirkan berbagai hal yang menarik bagi remaja untuk memainkannya, seperti audio visual dan berbagai karakter yang ditampilkan selain itu, game online free fire diatur untuk memberikan setiap kesulitan yang berbeda dalam setiap tingkatan atau level sehingga diperlukan berbagai strategi. Hal ini tentu membuat remaja betah berlama-lama di depan handpone hanya untuk bermain game online free fire alhasil, remaja menggunakan game online free fire secara berlebihan atau kompulsif sehingga berdampak pada pembentukan perilaku malas pada remaja dan justru merubah prioritasnya, yang berakhir pada minat yang sangat rendah terhadap sesuatu yang tidak berhubungan dengan game online free fire. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah remaja pada lingkungan ini mengalami gangguan kontrol atas dirinya dan waktunya dimana remaja tidak dapat membedakan waktu untuk belajar dan waktu untuk bermain. Selain itu remaja mengalami konflik dengan orangtua dan saudara-saudara dari remaja sehingga remaja menanggapi konflik tersebut dengan munculnya perilaku agresif, hal ini terjadi karena game online free fire sendiri menyuguhkan berbagai konten kekerasan. Game online free fire sendiri mampu membuat hubungan remaja dengan orang-orang disekitar menjadi renggang akibat waktu kebersamaan mereka menjadi berkurang. Saran dari penelitian ini adalah Bagi para remaja agar lebih mengedepankan setiap tugas dan tanggung jawabnya. Bagi orangtua agar lebih memperhatiakan dan mengontrol anaknya dalam pemakaian game online free fire. bagi masyarakat umum agar lebih memperhatiakan dan lebih peduli terhadap pendidikan anak Indonesia.


Detail Information

Item Type
Penulis
Fitri Nirmawati Tefa - Personal Name
Student ID
1703030169
Dosen Pembimbing
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 1
LENNY SOFIA BIRE MANOE - 198009152005012003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Ketua Penguji
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Penguji 1
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Tef S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA