Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Daring Bidang Studi Pjok Kelas Iv Semester 2 Selama Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 (Studi Kasus : SDI Konggang, SDI Lao, SDI Karot dan SDI Dongang Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Daring Bidang Studi Pjok Kelas Iv Semester 2 Selama Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 (Studi Kasus : SDI Konggang, SDI Lao, SDI Karot dan SDI Dongang Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai)

XML

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kelengkapan komponen, sistematika penyusunan dan komponen isi RPP
Daring bidang studi PJOK kelas IV semester II selama masa pandemi COVID-19 tahun
2021 dan untuk mengetahui hasil dalam penerapan penggunaan RPP Daring. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam
penelitian ini adalah SDI Konggang, SDI Lao, SDI Karot dan SDI Dongang di Kecamatan
Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi
dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan berdasarkan format instrumen
penelaahan RPP Daring dari Kemendikbud Nomor 14 Tahun 2019.
Hasil penelitian terkait kelengkapan komponen, sistematika penyusunan dan isi RPP
daring di 4 sekolah dasar dalam interval skor 75-100 = Sangat Baik, skor 50-75 = Baik, dari
4 item materi pembelajaran menunjukan bahwa : a) SDI Konggang mencapai angka
ketercapaian penyusunan RPP Daring dikategorikan Sangat Baik dengan rincian : variasi
pola gerak senam lantai dengan alat 78,84; variasi gerak dasar langkah kaki 76,92; variasi
gerak ayunan lengan 76,92; dan kategori Baik untuk variasi pola gerak senam lantai tanpa
alat 78,84. b) SDI Lao dikategorikan Baik dengan rincian : variasi pola gerak senam lantai
tanpa alat 59,61; variasi pola gerak senam lantai dengan alat 61,53; variasi gerak dasar
langkah kaki 63,46; dan variasi gerak dasar ayunan lengan 50. c) SDI Karot dikategorikan
Sangat Baik dengan rincian : senam lantai (bertumpu) 84,61; senam lantai (bergantung)
86,53; gerak berirama (pemanasan) 86,53; dan gerak berirama (gerakan inti) 84,61. d) SDI
Dongang dikategorikan Sangat Baik dengan rincian : senam lantai (keseimbangan) 80,76;
senam lantai (berpindah tempat) 78,84; gerak berirama (pemanasan) 75; dan kategori Baik
dengan rincian gerak berirama (pendinginan) 69,23. Pelaksanaan pembelajaran daring
menunjukkan bahwa meskipun berbeda sekolah, metode yang digunakan oleh guru hampir
sama yaitu melalui penugasan dan pemberian materi melalui group kelas dalam media
Whatsapp. Akan tetapi dalam prosesnya hal ini tidak begitu berjalan dengan baik
dikarenakan oleh beberapa hambatan seperti tidak memiliki media penunjang pembelajaran
yaitu handphone karena keterbatasan ekonomi orang tua, jaringan internet kurang baik,
beberapa siswa tidak sepenuhnya mengerti dengan materi pembelajaran dan kurang
mengerti dengan tugas yang diberikan, kurangnya antusias dari orang tua dalam
membimbing anak serta tidak bisa melakukan praktek yang harusnya dilakukan, sehingga
pembelajaran menjadi sangat tidak efektif. Sebagai solusi dari masalah ini, pihak sekolah
memberi tahu orang tua murid untuk mengambil materi pelajaran dan tugas di sekolah
masing-masing dalam bentuk kelompok atau shift dengan mengikuti protokol kesehatan
yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Kata Kunci : RPP Daring, Penerapan RPP Daring


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701150018
Dosen Pembimbing
Lukas M. Boleng - 199507301984031002 - Dosen Pembimbing 1
Ronald D.A. Fufu - 199210132019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Andriani Barek Ladjar - 19900326201932015 - Ketua Penguji
Lukas M.Boleng - 19590730198403102 - Penguji 1
Ronald D.A. Fufu - 199210132019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
85201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
852.01 NGG A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA