Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang

XML

Tujuan untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 melalui penerapan Model PBL di kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang. Model pembelajaran penelitian yang digunakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni deskriptif dan kualitatif dengan subyek berjumlah 23 orang dengan rincian laki-laki 9 orang dan perempuan 14 orang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 23 siswa yang tuntas 10 orang (43,47%) dengan nilai rata-rata 69,34% karena siswa selalu aktif selama proses pembelajaran berlangsung, siswa memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan guru, siswa bekerja sama dalam memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru dalam kerja kelompok. Sedangkan yang tidak tuntas 13 orang (56,53%) karena siswa belum mengoptimalkan interkasi antara guru dan teman pada saat kerja kelompok serta masih kurang percaya diri untuk menyampaikan pendapat, kurang fokus. Selanjutnya pada sikus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 23 siswa yang tuntas 19 orang (82,60%) dengan nilai rata-rata 81,73% karena siswa lebih aktif dan terlibat langsung dalam kegiatan di kelas selama proses pembelajaran, siswa bekerja sama dalam memecahkan masalah dengan cepat, siswa mampu bertanggung jawab dalam kerja kelompok serta siswa/siswi lebih aktif untuk mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Penerapan Model PBL dalam Pembelajaran Tema 3 Subtema 3, dapat meningkatkam hasil belajar siswa dan memenuhi kriteria ketuntasaan minimal yang diharapkan peneliti.

Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Pentingnya Menjaga Asupan Makanan sehat, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yuyun Hilda Ajung - Personal Name
Student ID
1701140130
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Aju P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA