"t" _"tabel" (2.605 > 1.746) taraf kesalahan 5% (signifikan 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen. Kata kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah dan Kinerja Guru." /> Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar (SD) Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen "t" _"tabel" (2.605 > 1.746) taraf kesalahan 5% (signifikan 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen. Kata kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah dan Kinerja Guru." />

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar (SD) Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen

XML

Skripsi Oleh Helsani Nofrina Lango Nim: 1701140014. Dengan judul “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar (SD) Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen.” Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar (SD) Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket, dengan jumlah responden 18 orang dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, korelasi pearson product momen, dan analisis regresi sederhana.
Lokasi penelitian bertempat di SD Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen dengan hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah pada kategori tinggi sebesar 77.8 % dan kinerja guru pada kategori tinggi 55.6 %. Kepemimpinan kepala sekolah mencakup kepala sekolah sebagai seorang pemimpin yang mengawasi bawahannya bekerja sepenuh kemampuan, memiliki program dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia yang ada di lingkungan sekolah, bertanggung jawab, memberi penghargaan dan hukuman, berani mengambil keputusan, menjadi panutan, memahami kondisi guru. Kepemimpinan tersebut dapat memberi dampak terhadap kualitas kinerja guru. Sehingga kemampuan yang dimiliki oleh guru lebih dikembangkan dan kinerja guru dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Analisis korelasi pearson product momen antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan Kinerja guru menunjukkan hubungan yang sedang yang ditunjukan dengan nilai "r" _"xy" " " 0.546. sedangkan kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 29,8 %. Analisis regresi menunjukkan bahwa, pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru ditunjukkan dengan persamaan regresi Y^' = 37.887 + 0.477X. Hasil pengujian signifikansi dengan uji t, menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen dibuktikan dengan "t" _"hitung" > "t" _"tabel" (2.605 > 1.746) taraf kesalahan 5% (signifikan 0,05).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Inpres Palsatu Kelurahan Manutapen.

Kata kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah dan Kinerja Guru.


Detail Information

Item Type
Penulis
Helsani Nofrina Lango - Personal Name
Student ID
1701140014
Dosen Pembimbing
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Lan P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA