Skripsi
Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi
XMLPengembangan bahan ajar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas pendidik. Pembelajaran IPA secara terpisah merupakan kendala bagi siswa untuk menyerap materi secara optimal. Keterpaduan connected merupakan keterpaduan yang menghubungkan materi-materi dalam satu pelajaran yang sama. Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pengajaran yang efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam ruang kelasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah pengembangan bahan ajar IPA Terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi sesuia dengan model Four D dan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar IPA Terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan model Four D yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reserch and Development atau R&D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four D. Prosedur pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari tahap definisi, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap desiminasi. Hasil validasi dari validator materi memperoleh presentase 93,53 %, hasil validasi dari validator media memperoleh presentase 82,81 %, dan hasil validasi dari praktisi memperoleh presentase 98,78 %. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA Terpadu khusunya pada materi pencemaran lingkungan. Hasil uji kelayakan oleh siswa SMP Negeri 15 Kota Kupang memperoleh presentase 86,50 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah untuk mengembangkan bahan ajar meliputi 4 tahapan yaitu definisi, perancangan, pengembangan dan desiminasi serta bahan ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA Terpadu SMP kelas VII khususnya pada materi pencemaran lingkungan.
Kata Kunci : Bahan Ajar, keterpaduan connected, pembelajaran berdiferensiasi, Four D
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Yonrit Gabriel Tanesib - Personal Name
|
Student ID |
1701050050
|
Dosen Pembimbing |
Kadek Ayu Astiti, S.Pd., M.Pd - 19880928 201404 2 002 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Kadek Ayu Astiti - 198809282014042002 - Ketua Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 1 Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Tan P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |