Pola Komunikasi Perekrutan Anggota Baru Komunitas Sahabat Alam NTT (Studi Kasus pada Perekrutan Anggota Baru Komunitas Sahabat Alam NTT 2020)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Komunikasi Perekrutan Anggota Baru Komunitas Sahabat Alam NTT (Studi Kasus pada Perekrutan Anggota Baru Komunitas Sahabat Alam NTT 2020)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola dan jaringan komunikasi pada komunitas SHALAM. Penelitian ini menggunakan Teori Jaringan. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dengan cara wawancara bersama para informan dan melalui dokumentasi yang didapatkan dari arsip SHALAM. Informan dalam penelitian ini sebanyak enam orang yang dibagi atas dua kriteria yaitu lima orang informan kunci satu orang dan informan pendukung. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua pola komunikasi yang dibentuk pada komunitas SHALAM, kedua pola ini dalam komunikasi organisasi disebut juga dengan pola roda (wheel) dimana ketua dan sekretaris sebagai pusat informasi dalam komunitas dan pola semua saluran (all channel) dimana salah satu personel dapat langsung membagikan informasi kepada seluruh personel lainnya, dengan hubungan antarpersonal yang paling menonjol diantaranya. Adapun jaringan komunikasi yang terhubung di dalam komunitas SHALAM dilihat secara sinkronik dalam satu periode kepengurusan 2020 – 2021, dan secara diakronik dengan melihat perubahan yang terjadi di tahun 2020 yaitu adanya penurunan jumlah anggota yang direkrut, personel komunitas SHALAM saling terhubung dalam dua jaringan yaitu jaringan formal dalam komunkasi sub kelompok dan komunikasi kelompok, serta jaringan informal dalam komunikasi diadik dan triadik. Pola dan jaringan komunikasi dalam komunitas SHALAM telah berlangsung cukup baik didukung dengan adanya media komunikasi melalui WhatsApp grup, namun kedekatan secara personal hanya terlihat diantara sesama pengurus, sesama anggota, ataupun yang sudah saling mengenal sebelum bergabung di komunitas SHALAM.
Kata Kunci : Pola Komunikasi, Jaringan Komunikasi, Sahabat Alam (SHALAM)


Detail Information

Item Type
Penulis
Putri Wulan Cahayati - Personal Name
Student ID
1703050067
Dosen Pembimbing
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
I Gusti A.R. Pietriani - - Penguji 1
Silvania S.E Mandaru, S.Sos.,M.Comn - 19840106 201404 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Cah P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA