Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata Surya Siswa Kelas VI SDI Bertingkat Kelapa Lima 3 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata Surya Siswa Kelas VI SDI Bertingkat Kelapa Lima 3 Kupang

XML

ABSTRAK
Ayuni, Merisca D. A. 2021. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Tata Surya Kelas VI SDI Bertingkat Kelapa Lima Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing (I) Dr. Benediktus Kasa, M.Si. (II) Netty E. A. Nawa S.Pd, M.Pd Metode bermain peran adalah metode mengajar yang mendramatisirkan situasi social yang mengandung suatu problem, agar siswa dapat memecahkan suatu masalah yang muncul dari suatu situasi verbal (Tandiredja 2011:39). ) Metode bermain peran bertujuan mengambarkan peristiwa masa lampau, masa sekarang atau masa yang akan datang. Kemudian ditunjukan beberapa siswa untuk melakukan peran sesuai dengan tujuan cerita Sumiati ( 2009 : 100 ) Tujuan dari penelitian ini untuk menguji adanya pengaruh signifikan metode pembelajaran Bermain Peran terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDI Bertingkat Kelapa Lima 3. Penelitian ini menggunakan rancangan peneltian deskriptif kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah One group pretest posttest desain dimana sebelum perlakuan, responden terlebih dahulu diberikan pretest (tes awal) dan diakhir pembelajaran responden diberikan posttest (tes akhir). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasar kan hasil analisis data perhitungan uji validitas soal menggunakan Microsoft exel 2007, menunjukan nilai produk moment rhitung untuk masing-masing pertanyaan lebih besar dari rtabel (0,367) sebanyak 10 butir soal dan semuanya dinyatakan valid. Hasil perhitungan reliabilitas tes hasil belajar dengan 10 butir soal dengan rumus (R.11) adalah reliabel. Dari hasil perhitungan indeks reliabilitas dapat diketahui bahwa r11 = 0,9 > rtabel 0,367, sehingga instrument penelitian dinyatakan “reliabel”. Berdasarkan analisis statistic menggunakan program SPSS 21, data hasil perhitungan uji normalitas data pretest = 0,200 > 0,05 Sedangkan pada Posttest diperoleh 0,16 > 0,05 diketahui bahwa data pretest, posttest¸dan hasil belajar pada siswa kelas VI memiliki nilai signifikansi > 0,05. Sedangkan hasil uji homogenitas dengan menggunakan program SPSS 21 diperoleh nilai Based On Mean sebesar 0.703 > 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa kedua data dinyatakan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan t-test diperoleh nilai signifikan( 2- tailed ) 0,00 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Ha yang berbunyi metode pembelajaran Bermain Peran berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi Sistem Tata Surya kelas VI SDI Bertingkat Kelapa Lima 3 dinyatakan diterima. Kata Kunci : Bermain Peran, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Merisca D. A. Ayuni - Personal Name
Student ID
1601140037
Dosen Pembimbing
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Ketua Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ayu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA