Analisis Biaya Produksi dan Volume Untuk Penentuan Harga Jual dan Perencanaan Laba Pada CV. Tiga Putri

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Biaya Produksi dan Volume Untuk Penentuan Harga Jual dan Perencanaan Laba Pada CV. Tiga Putri

XML

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui biaya produksi, perhitungan harga pokok produksi dan penentuan harga jual produk serta perencanaan laba pada Cv Tiga Putri. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan karateristik masalah yang diangkat oleh peneliti, maka penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis biaya produksi dan harga pokok produski degan menggunakan metode full costing dan variabel costing, penentuan harga jual dengan menggunakan cost plus pricing, perhitungan titik impas dengan break even point, dan perencanaan laba dengan menggunakan analisis target laba dan time least square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan biaya produksi dan harga pokok produksi vaiabel costing perusahaan lebih rendah dibandingkan dengan perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing. Selain itu, penetapan harga jual perusahaan hanya melakukan estimasi dari perhitungan harga jual per unit dengan tingkat margin laba sebesar 35%. Sedangkan dengan menggunakan metode cost plus pricing dengan mark up sebesar 35% harga jual lebih tinggi dibandingkan menurut perusahaan. Jadi, penetapan harga jual harus dilakukan secara tepat karena harga jual yang terlalu tinggi akan menjadikan produk kurang bersaing. Analisis break even point menunjukkan catatan penjualan yang ditoreh Cv Tiga Putri masih diatas batas minimum sehingga bisa mencapai Break Even Point. karena selalu berada di atas batas minimum, Sehingga Cv Tiga Putri menunjukkan tingkat yang aman untuk penjualan selama lima tahun terakhir. Selain itu, terdapat pemanfaatan analisis cost-volume-profit untuk perencanaan laba yang terdiri atas analisis target laba dan analisis time least square. Analisis ini digunakan untuk mengetahui tingkat penjualan yang harus dicapai Cv Tiga Putri untuk meraih target laba serta bagaimana biaya tetap, biaya variabel, harga jual, dan kuantitas penjualan dapat mepengaruhi pencapaian laba Cv Tiga Putri selama tiga tahun ke depan. Hal ini dapat digunakan manajemen Cv Tiga Putri untuk menentukan kebijakan terbaik yang harus dilakukan Cv Tiga putri untuk tidak mengalami rugi atau menekan tingkat kerugian seperti yang diramalkan pada tahun 2021- 2023.
Kata kunci: biaya produksi, Harga Pokok Produksi, Full Costing, variabel costing, Cost Plus Pricing, Harga Jual, break even point, dan laba.


Detail Information

Item Type
Penulis
martini virda bessie - Personal Name
Student ID
1703020049
Dosen Pembimbing
PIUS BUMI KELLEN - 196009031987021001 - Dosen Pembimbing 1
MAHMUD AHMAD - 196204111990031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Pius Bumi Kellen - 196009031987021001 - Ketua Penguji
Mahmud Ahmad - 196204111990031001 - Penguji 1
Bei Marselinus - 196004011988101001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
63211 Bes A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA