Skripsi
Penggunaan Media Kartu Domino Dalam Pembelajaran Tentang Makna Simbol Dan Nilai Sila Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswadi Kelas V SDI Laluan Kabupaten Malaka
XMLPenelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDI Laluan Kabupaten Malakadalam pembelajaran tentang makna simbol dan nilai sila pancasila dengan mengunakan media kartu domino.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapannya adalah: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan lokasi penelitian SDI Laluan, kabupaten Malaka. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 9 orang, yang terdiri dari 5 orang dan 4 orang laki-laki.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes.Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan teknik analis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 63,33 meningkat menjadi 82,77 pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 19.44. Presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 55.55% meningkat menjadi 99,99% pada siklus II, dengan peningkatan presentase 44.44%. Aktivitas siswa pada siklus I 62.08 menjadi 81.83 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 19.75 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu domino dalam pembelajaran tentang makna simbol dan nilai sila pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDI Laluan Kabupaten Malaka.
Kata Kunci: Media Kartu Domino, Hasil Belajar, Makna Simbol Dan Nilai Pancasila
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Maria Rosina Bano - Personal Name
|
Student ID |
1701140079
|
Dosen Pembimbing |
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ban P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |