Skripsi
Pengaruh Pendekatan Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Sumber Energi Alternatif Kelas IV SD Inpres Namosain Kupang
XMLTujuan penelitian untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan inquiry terhadap hasil belajar IPA tentang sumber energi alternatif kelas IV SDI Namosain Kupang. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design jenis One- Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVC SDI Namosain Kupang dengan jumlah 11 siswa yang diperboleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang terdiri dari 20 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sesudah menerapkan pendekatan inquiry nilai posttest diperoleh rata-rata 79,4 dan hasil belajar sebelum menerapkan pedekatan inquiry nilai pretest diperoleh rata-rata 46,4. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 5,59 sedangkan ttabel = 2,22. Dengan kriteria pengujian jika thitung>ttabel maka HOditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung= 5,59
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Aprillia Bakar - Personal Name
|
Student ID |
1601140287
|
Dosen Pembimbing |
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bak P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |