PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN MENGIKUTI PELAJARAN PADA SISWA SMA NEGERI 5 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN MENGIKUTI PELAJARAN PADA SISWA SMA NEGERI 5 KOTA KUPANG

XML

Kebiasaan belajar yang baik perlu untuk ditumbuhkan dan ditanamkan
dalam diri seorang siswa. Dengan adanya kebiasaan-kebiasaan yang baik
diharapkan dapat membantu siswa agar dapat mengatur, serta mengontrol diri
terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan yang ketika dilakukan secara
berulang dan terus-menerus kemudian menjadi sebuah kebiasaan. Namun
kenyataannya yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa
yang kurang memperhatikan kebiasaan mereka sehingga kurang mampu untuk
mendisiplinkan diri. Hal ini yang mendorong penulis melakukan penelitian
dengan judul “Pengaruh kebiasaan belajar terhadap kedisiplinan mengikuti
pelajaran pada siswa SMA Negeri 5 Kota Kupang”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) Gambaran gambaran kebiasaan belajar pada siswa SMA Negeri 5
Kota Kupang, (2) Gambaran kedisiplinan mengikuti pelajaran pada siswa SMA
Negeri 5 Kota Kupang, (3) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap kedisiplinan
mengikuti pelajaran pada siswa SMA Negeri 5 Kota Kupang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 5 Kupang dengan lama Penelitian ± 6
bulan. Populasi penelitian ini berjumlah 1270 siswa dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel Teknik proportionate random sampling, dengan jumlah
sampel 95 siswa. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu kebiasaan
belajar dan variabel terikat yakni kedisiplinan mengikuti pelajaran. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Untuk
menganalisis data digunakan teknik analisis Regresi Linear Sederhana.
Hasil penelitian ini meliputi: (1) Gambaran kebiasaan belajar siswa SMA
Negeri 5 Kota Kupang, 7 orang (7,4%) berada pada kategori tinggi, 47 orang
(49,5%) berada pada kategori sedang, 40 orang (42,1%) berada pada kategori
rendah, dan 1 orang (1,1%) berada pada kategori sangat rendah, (2) Gambaran
kedisiplinan mengikuti pelajaran siswa SMA Negeri 5 Kota Kupang, 27 orang
(28,4%) berada pada kategori tinggi, 66 orang (69,5%) berada pada kategori
sedang, 1 orang (1,1%) berada pada kategori rendah, dan 1 orang (1,1%) berada
pada kategori sangat rendah, (3) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap kedisiplinan
mengikuti pelajaran pada siswa SMA Negeri 5 Kota Kupang dengan
menggunakan analisis regresi linear sederhana diperoleh f hitung > f tabel maka
8.807 > 3.94. Disini dapat diartikan bahwa kebiasaan belajar memiliki pengaruh positif terhadap kedisiplinan mengikuti pelajaran pada siswa SMA Negeri 5 Kota Kupang. Nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh adalah 455 yang dapat
ditafsirkan kebiasaan belajar memberi pengaruh sebesar 45,5% terhadap
kedisiplin mengikuti pelajaran pada siswa SMA Negeri 5 Kota Kupang.


Detail Information

Item Type
Penulis
NIFLEN ELIA - Personal Name
Student ID
1601160071
Dosen Pembimbing
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
M.D. Pua Upa - 196101131986011001 - Ketua Penguji
Imanuel Lohmay - 195805051986011001 - Penguji 1
Andriani Paulin Nalle - 198304142008122004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Lia P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA