Efektivitas Hasil Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran PPKN Di SMPN 1 Raijua, Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Hasil Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran PPKN Di SMPN 1 Raijua, Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas hasil pembelajaran
daring di masa pandemi covid 19 pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Raijua,
untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran
daring di masa pandemi covid 19 pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1
Raijua, untuk mendeskripsikan solusi cerdas yang digunakan guru PPKn dalam
menumbuhkan kualitas pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Raijua.
Penelitian ini menggunaan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu
memperoleh data-data secara tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku utama
yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah
diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami.
Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PPkn dan
siswa-siswi kelas VIII/A SMP Negeri 1 Raijua.
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: 1) Efektivitas
pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 pada mata pelajaran PPKn di SMP
Negeri 1 Raijua belum efektif karena fasilitas yang kurang memadai 2) Faktor
pendukung efektivitas hasil pembelajaran daring yaitu handphone, pulsa, jaringan
internet, WhatsApp, dan buku-buku penunjang lainnya, sedangkan faktor
penghambat yaitu guru tidak dapat materi secara langsung, sulit menjangkau peserta
didi, kurangnya minat dan motivasi pada peserta didik dan ekonomi keluarga 3)
solusi yang digunakan guru PPKn dalam menumbuhkan kualitas pembelajaran PPKn
di masa pandemi covid 19 yaitu melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran
sehingga pembelajaran di masa pandemic covid 19 tetap berlangsung, peserta didik
tetap belajar dan terus belajar meskipun belajar secara daring.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1801070006
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Marsi D. S. Bani - 198203142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 DAD E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA