Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Induktif Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
XMLPenelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran induktif dengan siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning, dan (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran induktif dengan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII I SMP Citra Bangsa Kupang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E SMP Citra Bangsa Kupang sebagai kelas kontrol, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pre test dan post test.
Dari hasil analisa data menggunakan uji t, diperoleh: (1) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran induktif dengan siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning, dan (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran induktif lebih tinggi dari pada siswa yang diajar melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning.
Kata Kunci: model pembelajaran induktif, model pembelajaran discovery learning, kemampuan berpikir kritis
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Venna Marlisya Tasoin - Personal Name
|
Student ID |
1701050054
|
Dosen Pembimbing |
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
YUSNIATI H MUH YUSUF - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Yusniati H Muh Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Tas P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |