Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Tentang Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran Ke-2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V SDI Landeoe Rote Barat Laut

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Tentang Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran Ke-2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V SDI Landeoe Rote Barat Laut

XML

Skripsi oleh Nikson Saputra Bessy. PGSD.2021 dengan judul “Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Tentang Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran Ke-2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V SDI Landeoe Rote Barat Laut. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tentang tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih pembelajaran ke-2 melalui model problem based learning berbantuan media audio visual? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tentang tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih pembelajaran ke-2 manusia melalui model problem based learning berbantuan media audio visual.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi di SD Inpres Landeoe kelas V. Subjek penelitian ini adalah siswa/I kelas V berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 64,66 meningkat menjadi 82,39 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 17,33. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 68% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan presentase 32%. Aktivitas siswa pada siklus I 61,20 menjadi 82,21 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 21,01, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media audio visual dalam pembelajaran tentang tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih pembelajaran ke-2 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDI Landeoe.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Bessy Nikson Saputra - Personal Name
Student ID
1701140080
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Ketua Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BES P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA