Hubungan Antara Penggunaan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dengan Minat Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Antara Penggunaan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dengan Minat Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Kupang

XML

Sufali, Rosmawati Gamar Hasan. 2021. Hubungan Antara Penggunaan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Dengan Minat Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Kupang. Skripsi. Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana Kupang. Bapak Vinsensius Lantik, S. Pd., M. Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Marsi D.S. Bani, S. Pd.,M. Si selaku Pembimbing II.
Pembelajaran daring adalah pembelajaran jarak jauh yang interaksi dan cara pengantaran bahan ajarnya dilakukan dengan perantara teknologi internet. Pembelajaran daring bergantung kepada beberapa faktor seperti minat belajar. Minat belajar adalah kecenderungan hati untuk belajar karena adanya ketertarikan untuk belajar, perhatian dalam belajar, motivasi belajar, dan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman sehingga terjadi perubahan pada diri siswa tersebut.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ,apakah terdapat hubungan antara penggunaan pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan minat belajar siswa SMA Muhammadiyah Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan minat belajar siswa SMA Muhammadiyah Kupang.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah Kupang, dan sebagai objeknya adalah seluruh siswa khususnya siswa kelas X, XI, dan XII MIPA. Penelitian ini dimulai berlangsung bulan Oktober 2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisoner. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 55.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yakni, “diduga variabel bebas penggunaan pembelajaran dalam jaringan (daring) memiliki hubungan dengan minat belajar siswa sebagai variabel terikat pada siswa SMA Muhammadiyah Kupang” diterima dengan tingkat signifikansi 5% yang terbukti melalui uji korelasi r sebesar = 0,599 atau 59,9% dan berada pada korelasi sedang.
Kata Kunci : Penggunaan pembelajaran dalam jaringan (daring), minat belajar siswa, pembelajaran fisika.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1801050041
Dosen Pembimbing
VINSENSIUS LANTIK - 197901292008121001 - Dosen Pembimbing 1
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kadek Ayu Astiti - 198809282014042002 - Ketua Penguji
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 1
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Ali H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA