Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema I Organ Gerak Hewan Manusia Subtema I Organ Gerak Hewan Di Kelas V SDN Oenoni

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema I Organ Gerak Hewan Manusia Subtema I Organ Gerak Hewan Di Kelas V SDN Oenoni

XML

Skripsi oleh Agnes Adelina Ataupah, Nim 1601140296 (2020) berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examaples Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Tema I Organ Gerak Hewan Dan Manusia Subtema I Organ Gerak Hewan Di Kelas V SDN Oenoni”. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran examples non examples yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Di SD Negeri Oenoni? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar di SD Negeri Oenoni, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes dan studi dokumentasi yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden yang diteliti 20 orang, terdiri dari laki-laki 12 orang dan perempuan 8 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Negeri Oenoni, Kabupaten Kupang, Kecamatan Amarasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada nilai t-tabel dilihat dari tabel distribusi T dengan taraf signifikansi 5%=0,05. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Hal ini dapat dibuktikan pula pada hasil perhitungan uji-t memiliki nilai t test sebesar 18.24 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan d.k. (derajat kebebasan) 19 adalah 1.729. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata hasil belajar pada saat pretest dan posttest, saat pretest nilai rata-rata(mean) sebesar 50.70 kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata(mean) menjadi 80.39. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata peningkatan adalah 1.729. Nilai koefisien sebesar 0.00, atau p value= 0.00<005. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Examples non examples berbasis pendekatan saintifik yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada Tema I Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema I Organ Gerak Hewan di Kelas V SDN Oenoni.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil t_(hitung < ) t_tabel di terima, utuk itu ada pengaruh yang signifikansi pada penerapan model Examples non Examples terhadap hasil belajar siswa tentang organ gerak hewan di kelas V SD Negeri Oenoni.
Kata kunci: Model pembelajaran Examples non examples, Organ Gerak Hewan dan Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Agnes A. Ataupah - Personal Name
Student ID
1601140296
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nes P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA