Skripsi
Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Di Kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur Tahun Ajaran 2020/2021
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran menulis teks prosedur di Kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Aspek yang dideskripsikan dalam penelitian ini yakni proses penerapan teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran menulis teks prosedur yang terdiri atas tahap membangun konteks, tahap pemodelan, tahap membangun teks secara bersama, dan tahap membangun teks secara mandiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan membangun konteks siswa sudah diberikan kesempatan untuk memberikan contoh sebanyak-banyaknya tentang kegiatan prosedur dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahap pemodelan siswa difasilitasi contoh teks prosedur dan diberi kesempatan untuk mencari contoh-contoh lain untuk dipelajari dan dipahami. Pada tahap membangun teks secara bersama siswa bekerja sama di dalam kelompok untuk menghasilkan teks prosedur, kemudian pada tahap membangun teks secara mandiri siswa masing-masing menentukan tema dan menulis teks prosedur secara utuh. Data hasil menulis teks prosedur siswa mencapai presentasi keberhasilan sebesar 71%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran menulis teks prosedur belum mencapai kriteria keberhasilan minimal.
Kata Kunci: konstruktivisme, pembelajaran menulis, teks prosedur.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Felisia Aprilia Korina Hakantus - Personal Name
|
Student ID |
1601010085
|
Dosen Pembimbing |
Simon Sabon Ola - 196503221992031001 - Dosen Pembimbing 1
FIRMINA A NAI - 196011171987022001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hendrikus Jehane - 195712311987021023 - Ketua Penguji
Simon Sabon Ola - - Penguji 1 Fermina A nai - 196011171987022001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 Hak P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |