Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Berdasarkan Prosedur Newman Di Kelas III MIS Alfitrah Oesapa

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Berdasarkan Prosedur Newman Di Kelas III MIS Alfitrah Oesapa

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Prosedur Newman di MIS Alfitrah Oesapa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IIIa yang berjumlah 24 siswa. Subjek untuk wawancara diambil 4 dari 24 siswa kelas IIIa, dengan kriteria siswa yang melakukan banyak kesalahan. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal persegi dan persegi panjang. Uji keabsahan data dilakukan dengan tringulasi waktu.
Hasil dari penelitian menunjukan kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi persegi dan persegi panjang yaitu: kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. kesalahan memahami masalah disebabkan siswa lupa dan menganggap tidak perlu untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Kesalahan transformasi masalah disebabkan siswa tidak dapat menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, tidak dapat menentukan model matematika. kesalahan keterampilan proses disebabkan siswa kurang teliti dalam melakukan operasi perhitungan pada soal. Kesalahan yang terakhir yaitu kesalahan dalam penulisan jawaban akhir disebabkan karena siswa tidak membuat kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir dari penyelesaian serta mengabaikannya karena merasa tidak perlu dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal berikutnya sehingga siswa tidak menuliskan kesimpulan akhir dari soal yang telah dikerjakan. Faktor-faktor atau Penyebab kesalahan siswa adalah tidak mempunyai kemampuan menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal, tidak menguasai materi persegi dan persegi panjang, tidak paham dengan rumus yang harus digunakan, tidak teliti dalam mengoperasaikan perhitungan, asal-asal dalam mengerjakan soal, tidak mampu menentukan satuan, tidak terbiasa dalam menuliskan kesimpulan, terburu-buru dalam mengerjakan proses penyelesaian.

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Newman


Detail Information

Item Type
Penulis
Febriari Wiwik Saputri - Personal Name
Student ID
1601140122
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sap A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA