Pengembangan Media Diorama Dalam Pembelajaran IPS Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V SDI Nufuak Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Diorama Dalam Pembelajaran IPS Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V SDI Nufuak Belu

XML

Penelitian ini dilakukan berdasarkan keadaaan dalam proses pembelajaran IPS yang tidak efektif dan efisien, sebab sering ditemui masalah yakni verbalisme dalam pembelajaran, disebabkan guru memaknai media sekedar alat bantu dan ketersediaan media pembelajaran kurang relevan dengan materi yang diajarkan. Ini berdampak pada pengalaman belajar siswa belajar secara hafalan dan tidak mampu mengkonkritkan apa yang diketahui. Berdasarkan problema yang ditemui, peneliti merasa perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran diorama yang relevan dengan materi ajar dan mampu mengkonkritkan apa yang dipelajari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media diorama yang relevan dengan materi IPS pada subtema manusia dan lingkungan di kelas V yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan Model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan tes. Subjek penelitian siswa kelas V SDI Nufuak Belu sebanyak 25 orang. Data yang dikumpulkan terdiri dari data validasi ahli, data angket respon guru dan siswa, serta data hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media diorama untuk pembelajaran IPS subtema manusia dan lingkungan kelas V SDI Nufuak Belu memiliki kualifikasi sangat baik dengan tingkat pencapaian sebesar 90,41%. Pencapaian kualitas ini diperoleh dari perhitungan rata-rata tingkat kevalidan media sebesar 90,83% dengan kualifikasi sangat valid, tingkat kepraktisan media sebesar 96,40% dengan kualifikasi sangat praktis, serta tingkat keefektifan media sebesar 84% dengan kualifikasi sangat tinggi/efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media diorama yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Diorama, Manusia dan Lingkungan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Anna Trifonia Tafuli - Personal Name
Student ID
1701140122
Dosen Pembimbing
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Taf P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA